Fakta Tragis, 6 Nama Seniman Dalam Perang Dunia
Secara umum, definisi sejarah adalah memori atas sebuah pengalaman, yang dituangkan dalam bentuk karya tulis oleh para akademisi, sebagai media pembelajaran bagi masa kini untuk melihat masa depan dan sebagai upaya pengabadian peristiwa masa lalu yang dianggap memiliki nilai penting dan sangat berpengaruh bagi proses peradaban umat manusia.
Namun yang cukup disayangkan, dalam satu-kesatuan instrument sejarah, seperti halnya perang, kita hanya mengenal peristiwa perang tanpa sepenuhnya tahu siapa saja yang memiliki andil dalam kelahiran peristiwa tersebut, selain nama-nama tokoh yang berperan didalam konflik, yang sekaligus notabenya memiliki kekuasaan. Ada beberapa hal yang layak diangkat dan dicatat dalam sejarah tertulis, mereka yang berada diluar konflik, sebagai saksi, sekaligus yang mendapatkan dampak secara langsung dari sebuah konflik tersebut. Beberapa diantaranya adalah seorang pekerja seni atau seniman, mereka yang lantang berbicara lewat sebuah karya, dalam ketajaman konsep serta gagasan.
Berikut ini adalah 6 nama seniman yang memiliki andil dalam sejarah dunia. Yang belum banyak diketahui khalayak umum.
1. Käthe Kollwitz
Käthe Kollwitz (lahir 8 Juli 1867 – meninggal 22 April 1945), adalah seorang seniman Jerman yang bekerja dengan melukis, seni grafis termasuk etsa, litografi dan patung. Karyanya yang paling terkenal adalah seri The Weavers dan The Peasent War. Karya yang menggambarkan kemiskinan, kelaparan dan perang pada kelas pekerja.
Pada tahun 1908 seniman grafis, ilustrator dan patung Jerman Käthe Kollwitz (1867–1945) menerbitkan The Peasants 'War ( Bauernkrieg ). Siklus cetak ini membutuhkan waktu enam tahun untuk menyelesaikannya dan menunjukkan serangkaian tujuh adegan imajiner yang diatur dalam peristiwa sejarah nyata dari Pemberontakan Petani Besar (1522-1525). Serial ini bisa dibilang tetap pekerjaannya yang paling ambisius dan paling berhasil. Setelah sukses besar dengan seri Weavers 'Revolt (1893-98), siklus ini memperkuat reputasinya sebagai salah satu pembuat seni cetak terkemuka di Jerman. Sama seperti siklus pertamanya, gambar-gambar itu menggambarkan yang tertindas dan yang tak berdaya. Subjek ini akan menjadi komitmen seumur hidup bagi artis. Terlepas dari latar belakang karya bersejarah, minat Kollwitz tidak menggambarkan waktu atau tempat tertentu. Baginya, Perang Tani merupakan lambang dari kondisi tak tertahankan yang dipaksakan pada orang miskin. Motivasinya berasal dari rasa empati terhadap orang-orang yang kurang beruntung dalam hidup, dan minatnya terletak pada menunjukkan perjuangan yang terus-menerus dari sesamanya.
Setiap gambar dalam seri ini berfokus pada penganiayaan terhadap yang tertindas. Kita bisa melihat kemarahan mereka, ketahanan mereka dan kemalangan mereka. Mungkin mengejutkan, tidak sekali pun Kollwitz menunjukkan kepada kita para pelaku kengerian ini. Alih-alih, satu-satunya fokusnya adalah pada kehidupan para korban.
Dalam etsa terakhir seri ini, orang mungkin beranggapan untuk menemukan beberapa tekad. Banyak seniman akan memilih untuk menunjukkan resolusi melalui konfrontasi antara yang tertindas dan penindas mereka. Namun Kollwitz memiliki keberanian untuk terus menempatkan semua perhatiannya pada para korban. Dalam 'The Prisoners' kita melihat orang-orang yang kalah perang. Mereka digiring bersama di belakang kawat berduri, menunggu hukuman dan eksekusi. Kami merasakan keputusasaan di wajah mereka, namun ada juga kebanggaan di antara para lelaki ini. Jika ada resolusi yang ditemukan, maka itu adalah melalui rasa persatuan mereka. Mereka mungkin telah kehilangan perang, tetapi mereka berjuang untuk keyakinan mereka dan sikap mereka terasa menantang. Meskipun mereka mungkin dikalahkan, mereka masih memiliki kekuatan melalui rasa solidaritas mereka. Sebagai seorang seniman, Käthe Kollwitz memberi bentuk pada perang, tetapi sayangnya, perang juga membentuknya. Cetakan keenam dalam siklus ini selesai pada tahun 1907 dan diatur di medan perang di malam hari. Ini menunjukkan pemandangan mengerikan tentang seorang ibu yang dikonfrontasi oleh tubuh putranya yang sudah meninggal. Untuk pekerjaan ini, Kollwitz akan menggunakan dirinya dan putranya sendiri Peter sebagai model untuk ibu dan anak. Tujuh tahun kemudian, Peter sendiri akan mati di medan perang Belgia.
Baik Kollwitz dan suaminya sama-sama suka damai. Peter baru berusia delapan belas tahun ketika Perang Dunia Pertama pecah dan mereka yang berusia di bawah dua puluh satu perlu mendapatkan izin orang tua mereka sebelum mereka bisa mendaftar. Kedua orang tua enggan untuk memberikan izin kepada putra mereka, tetapi keyakinan Peter pada alasan meyakinkan ibunya untuk akhirnya membiarkannya berkelahi. Dia meninggal hanya sepuluh hari setelah kepergiannya. Dampak kematian ini memainkan peran penting yang dapat dipahami dalam sisa hidup dan pekerjaan Kollwitz. Dia mendedikasikan sebagian besar karirnya kemudian untuk menciptakan gambar-gambar yang mempromosikan perdamaian dan mempertanyakan perlunya perang.
Siklus cetak ketiganya hanya berjudul Perang ( Krieg ). Diproduksi antara 1921-1922, seri tujuh potongan kayu ini secara dramatis dikupas berbeda dengan karya sebelumnya. Gambar-gambar di sini memiliki urgensi dan kekuatan untuk mereka. Selama periode ketika pekerjaan ini dibuat, ia menulis dalam buku hariannya, "Saya bermaksud untuk memiliki efek pada saat-saat di mana manusia begitu sedih dan tak berdaya."
Lembar kedua - dan paling terkenal - dalam seri ini tidak diragukan lagi adalah The Volunteers ( Die Freiwilligen ) tahun 1921. Itu menggambarkan sekelompok pria muda yang telah menawarkan diri mereka untuk tujuan itu. Kami melihat mereka semua bergerak bersama dan mengikuti ketukan drum. Di sebelah kiri tempat kejadian, kita dapat melihat bahwa pemimpin kelompok tidak lain adalah Maut sendiri; dia menggiring pemuda Jerman menuju kehancuran mereka sendiri.
Gambar yang paling menyentuh dalam seri ini adalah The Mothers ( Die Mütter ) - lembar keenam dalam siklus. Ini menunjukkan sekelompok ibu yang berduka semuanya berkerumun bersama - bukan kebetulan bahwa tubuh mereka membentuk bentuk batu nisan. Sekali lagi, Kollwitz tertarik pada pentingnya solidaritas di antara orang-orang. Sama seperti The Prisoners (1908), gambar ini menunjukkan bahwa ada rasa kekuatan yang dapat ditemukan dalam kesatuan orang.
Empati dan kasih sayang adalah pusat dari semua pekerjaan Kollwitz. Gambar-gambarnya menghindari sentimentalitas namun mereka masih lembut dan simpatik. "Dia tidak memperingati," catat penyair Ruth Padel , "dia menghadapi rasa sakit." Padel menjelaskan mengapa dia merasa karya Kollwitz begitu unik: "Dia tidak menghilangkan rasa sakit, dia memandanginya".
Padel berpendapat bahwa Kollwitz adalah pelopor dalam memisahkan seni dari keindahan, namun Kollwitz sendiri mungkin tidak setuju. Baginya, kecantikan dapat ditemukan dalam martabat orang. "Tidak menarik sama sekali bagi saya adalah orang-orang dari kehidupan borjuis," tulisnya dalam buku hariannya pada tahun 1941 . Berbeda dengan kaum proletar, “seluruh kehidupan borjuis tampaknya menjadi terlalu mahal.”
Kelas menengah dikejutkan oleh karya Kollwitz dan gambarnya tidak hanya terbatas pada siklus cetak - ia menghasilkan sejumlah poster (terutama antara 1919 dan 1926). Karya-karya yang diilustrasikan ini berurusan langsung dengan efek yang dimiliki Perang Dunia Pertama terhadap Jerman. Ditempelkan ke papan reklame silindris di mana-mana di Berlin, mereka akan membawa pekerjaan konfrontatif Kollwitz langsung ke jalanan.
Masing-masing poster ini telah ditugaskan secara individu namun semuanya membahas sebab-sebab yang dipercayai oleh Kollwitz. Dalam sepucuk surat kepada temannya Erna Kruger , kami mendapatkan gambaran tentang pemikirannya tentang bekerja di komisi publik semacam itu: “Ada yang mungkin mengatakan ribuan kali, itu bukan seni murni. Tapi selama saya bisa bekerja, saya ingin menjadi efektif dengan seni saya. "
Poster-poster ini membawa karya Kollwitz ke audiens yang benar-benar baru di luar dunia seni dan membantunya dalam membawa perhatian pada tujuan kemanusiaan yang ia sukai. Poster, pamflet dan kartu posnya membahas masalah ketidakadilan, kemiskinan, kelaparan dan eksploitasi; serta sejumlah masalah yang berkaitan dengan hak-hak perempuan seperti aborsi, perburuhan dan kekerasan dalam rumah tangga.
Posternya yang paling terkenal menunjukkan sosok androgini dengan lengan di udara. Di belakang mereka ada kata-kata: " Nie Wieder Krieg " - "Never Again War". Ini adalah gambar yang sederhana dan mencolok dan contoh sempurna dari keinginan Kollwitz untuk menemukan bahasa visual yang bisa terasa langsung dan universal. Gambar berwarna hitam-putih dan sederhana. Penggunaan cetak berarti tidak mahal untuk diproduksi, cepat direproduksi, dan mudah disebarluaskan. Gambar yang dicetak tidak dianggap seni tinggi. Ini jelas bukan seni bagi borjuis.
Kollwitz bekerja tanpa lelah untuk menghasilkan pekerjaan yang bisa langsung dan dapat diakses, dan masing-masing keputusan ini disengaja. Keefektifan dari pilihan-pilihan ini terbukti dalam keberhasilan pekerjaan yang telah selesai. Poster Kollwitz ' Never Again War menjadi ikon gerakan anti-perang dan terus terlihat di jalan-jalan Jerman Barat bahkan sampai tahun 1980-an.
Selama dua puluhan, Kollwitz menghasilkan siklus cetak terakhir kedua - Proletariat (1924-1925) - dan juga menjadi direktur wanita pertama dari Studio Studio Seni Grafis di Akademi Seni Berlin (1928). Selama waktu ini ia juga menyelesaikan pekerjaannya yang paling pribadi - Orangtua yang Bersedih ( Die traauernden Eltrern ) - patung peringatan untuk Peter yang ia bayangkan segera setelah mendengar kematiannya. Diukir dalam granit, pekerjaan terakhir membutuhkan waktu delapan tahun untuk diselesaikan dan akhirnya ditempatkan di pemakaman militer di Roggevelde di Belgia.
Ini adalah pekerjaan yang sangat pribadi dan intens. Diukir dalam gambar dia dan suaminya, dua sosok berlutut - tidak hanya untuk menghormati orang-orang yang telah meninggal tetapi juga untuk meminta maaf. Ini adalah orang tua Jerman; orang tua yang meminta putra-putra mereka untuk memberikan hidup mereka untuk perang yang sia-sia. Seperti semua hasil karya Kollwitz, karya seni ini berdiri dalam solidaritas dengan mereka yang telah menderita dan meminta agar jenis penderitaan ini tidak berlanjut. Tujuh tahun setelah selesai, Jerman menemukan dirinya sekali lagi berperang.
Käthe Kollwitz meninggal pada 22 April 1945 - hanya dua minggu sebelum Jerman menyerah. Dia telah menyaksikan kehancuran dan kesengsaraan dari kedua perang dunia dan melalui itu semua, dia tetap menjadi pendukung setia keadilan sosial. Saat ini, ia dianggap sebagai salah satu seniman Jerman paling penting dari abad kedua puluh dan karyanya berdiri sebagai catatan penting pemberontakan di tengah sejarah negara yang bermasalah. Ketika orang-orang biasa terus menghadapi kesulitan, ketidakadilan dan tragedi, pentingnya pekerjaan empati Kollwitz terus bergema. Warisannya yang abadi adalah welas asih, dan itu adalah warisan yang pantas untuk diingat.
2. Kazimir Malevich
Kazimir Severinovich Malevich (lahir 23 Februari 1879 – meninggal 15 Mei 1935) adalah seorang pelukis dan teoritikus seni berkebangsaan Rusia. Ia adalah seorang pelopor seni abstrak geometris dan pencetus gerakan suprematisme avant-garde di pasca-perang dunia 1. Dia menciptakan istilah ini karena dia percaya bahwa seni harus melampaui materi pengetahuan apapun-kebenaran bentuk dan warna harus menduduki posisi 'tertinggi' atas sebuah gambar atau narasi.
Kazimir Malevich pada (1879–1935) hidup dan bekerja pada salah satu periode paling bergejolak dalam sejarah abad kedua puluh. Dengan bertambahnya usia di bawah Tsar Rusia, Malevich menyaksikan Perang Dunia Pertama dan Revolusi Oktober secara langsung.
Dari 1919 hingga 1921 ia mengajar melukis di Moskwa dan Leningrad , tempat ia menjalani sisa hidupnya. Pada kunjungan 1927 ke Bauhaus di Dessau, Jerman, ia bertemu Wassily Kandinsky dan menerbitkan sebuah buku tentang teorinya dengan judul Die gegenstandslose Welt ("The Nonobjective World"). Ketika politisi Soviet memutuskan menentang seni modern, Malevich dan seninya dikutuk dan ia mati dalam kemiskinan dan dilupakan.
3. Iri dan Thosi Maruki
Iri Maruki kelahiran Hiroshima dan istrinya yang kelahiran Hokkaido adalah Pasangan seniman yang sangat antusias dalam menggambarkan bencana manusia seperti perang dan polusi. Kunjunganya ke Hiroshima setelah pemboman atom pada Agustus 1945, membuahkan penciptaan trilogi awal sebagai bagian dari seri yang disebut The Hiroshima Panels . Judul dari karya-karya ini diantaranya: 1. Hantu, 2. Api , dan 3. Air. Ide serta konsep dari karya-karya ini berdasarkan pengalaman personal dan kisah yang diceritakan oleh penduduk asli Hiroshima. Karya-karya ini pertama kali dipamerkan pada tahun 1950.
Ketika karya-karya tersebut yang pada akhirnya dipamerkan secara berkala di Jepang pada awal 1950-an, saat pengekangan pers masih berlaku, karya-karya Iri dan Thosi Maruki dan beberapa dokumen berupa potret atas kengerian pemboman, menjadi simbol sentimen anti-nuklir dan anti-perang Internasional.
4. Martha Rosler
Martha Rosler adalah seorang seniman Amerika. Ia bekerja dalam fotografi, video , instalasi , patung , dan pertunjukan , serta menulis tentang seni dan budaya. Rosler dikenal karena tulisannya serta karya seninya di berbagai media. Dia telah menerbitkan lebih dari 16 buku karya seninya dan esai kritisnya tentang seni, fotografi, dan masalah budaya, beberapa di antaranya telah muncul juga dalam bentuk terjemahan.
Dalam perjalanan panjang kekaryaan Martha Rosler, Seri yang menjadi ikonik dari Martha Rosler adalah karya yang terdiri dari 20 photomontages yang disusun pada 1960-an dan 70-an selama masa intervensi yang meningkat oleh militer Amerika Serikat di Vietnam. Ia berupaya menggabungkan gambar-gambar warga Vietnam yang dimutilasi oleh perang yang diambil dari majalah LIFE, dengan gambar-gambar rumah-rumah orang Amerika kaya yang diterbitkan oleh House Beautiful, Rosler membuat secara harfiah deskripsi 'perang ruang tamu', sebuah istilah yang digunakan di Amerika Serikat untuk menggambarkan bagaimana Orang Amerika merasakan pertumpahan darah yang sedang berlangsung di Asia Tenggara - yaitu, seperti apa yang telah disiarkan televisi. Dengan mendesak pemirsa untuk mempertimbangkan keadaan 'di sini' (Amerika) dan 'di sana' (Vietnam), foto-foto Rosler mengungkapkan sejauh mana pengalaman perang kolektif dapat dibentuk oleh gambar-gambar. Secara signifikan, photomontages sebenarnya adalah foto berwarna dari kolase. Dibuat selama puncak perang, karya tersebut awalnya disebarluaskan di surat kabar bawah tanah dan selebaran, dan sebagian, dibuat sebagai tanggapan terhadap frustrasi seniman dengan gambar media, teknik pelaporan, dan bahkan beberapa propaganda anti-perang.
5. Pablo Picasso
Pablo Ruiz Picasso (lahir 25 Oktober 1881 – meninggal 8 April 1973 pada umur 91 tahun) adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Dia merupakan seorang seniman yang jenius, cerdas dalam pembuatan karya patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung.
Sebagai warga negara netral Spanyol, artis Pablo Picasso tidak bertarung dalam Perang Dunia I. Namun, dia menyaksikan teman-teman Prancisnya pergi berperang dan menghabiskan tahun-tahun perang di Paris. Meskipun ia sudah menjadi seniman modernis terkemuka, ia tetap tidak bisa lepas dari pengaruh kondisi negaranya yang dilanda perang. Hal ini memiliki dampak bagaimana Perang Dunia I mengubah Pablo Picasso dan karya seninya.
Pada Juni 1940, Jerman menduduki sebagian besar Perancis, sedangkan sisanya berada di bawah kendali pemerintah kolaborator Marshal Philippe Petain, yang berbasis di Vichy. Pada tahun 1941 ketika itu juga Perancis dikuasai pasukan Hitler, Picasso menemukan dirinya dalam posisi yang sulit, sebagai pencipta Guernica yang terkenal di dunia, dan seorang Republikan yang kuat, ia tidak dapat kembali ke Spanyol. Jadi dia membuat keputusan berisiko untuk tinggal di Paris selama masa pendudukan, meskipun ada tawaran suaka di AS dan Meksiko.
Rasa takut dan claustrophobia mencengkeram kota. Kehidupan setiap harinya digambarkan dengan ransum, jam malam, dan musim dingin yang menggigit membuat orang-orang berkerumun di kafe-kafe agar tetap hangat. Ada juga kehadiran mengerikan dari Nazi yang ada di mana-mana. Picasso terus-menerus menerima berita tentang teman-teman Yahudi yang telah dideportasi ke kamp konsentrasi atau disiksa karena mengambil bagian dalam Perlawanan.
Terlepas dari kenyataan bahwa Picasso dianggap oleh rezim Nazi sebagai seniman yang menyimpang dan Guernica telah menjadi simbol pembangkangan terhadap Fasisme, ia tetap bebas dari penganiayaan. Pada saat itu Nazi tidak ingin menyinggung Amerika Serikat dan mungkin karena ketenaran Picasso yang melindunginya. Namun, ia ditolak publisitas dan dicegah untuk memamerkan karyanya, yang mengakibatkan ia menghilang dari panggung dunia. Beberapa teman terdekat Picasso telah diklaim oleh Nazi, termasuk penyair Max Jacob. Sementara beberapa artis berkolusi dengan Jerman, dia dengan keras menolak untuk terlibat dengan mereka, menolak tawaran makanan tambahan dan wisata ke Jerman.
Bertekad untuk tidak takut dengan suasana kurungan dan ketidakpastian, Picasso terus bekerja dengan penuh hati-hati, termasuk menulis puisi dan membuat potret dan patung. Pada Januari 1941 ia mengejutkan teman-temannya dengan menulis sebuah drama berjudul Desire Caught by the Tail. Pada tahun 1944, pembacaan klandestin drama itu diselenggarakan, dengan sendirinya merupakan tindakan pembangkangan dalam menghadapi pendudukan. Hal Ini menggambarkan betapa mendalamnya Picasso tertanam dalam lingkaran intelektual dan sastra pada saat itu. Pertunjukan ini disutradarai oleh Albert Camus dan para aktor termasuk Jean-Paul Sartre, Simone de Beauvoir dan Dora.
Selama Perang, bahan untuk patung sangat terbatas dan Picasso bekerja dengan apa pun yang ada di tangan, termasuk potongan-potongan kayu, tulang, tutup botol anggur, potongan-potongan kertas, paket rokok dan bahkan sadel sepeda dan setang yang ia gunakan untuk menciptakan kehidupan karya seni. Ketika kanvas tidak tersedia, ia melukis di atas papan dan papan tulis.
Pada bulan Agustus 1944 ketika tank-tank Jerman diluncurkan dari Paris dan kota itu dibebaskan, Picasso dikunjungi oleh banyak teman dan pengagum, semua senang mengetahui bahwa ia masih hidup. Kelegaannya yang lagi-lagi mengalami kebebasan diliputi oleh pengetahuan bahwa teman-teman di Spanyol masih menjadi tahanan Franco. Sebagai tanggapannya ia bergabung dengan Partai Komunis Prancis, yang, mengejutkan beberapa orang, memperbolehkannya untuk melanjutkan pendekatan radikalnya terhadap seni alih-alih bersikeras ia menyesuaikan diri dengan Realisme Sosial yang biasanya dikaitkan dengan doktrin Soviet. Enam minggu setelah Liberation Picasso merasa terhormat dengan undangan untuk ikut serta dalam pameran seni Prancis di Salon d'Automne yang baru dibuka kembali. Sayangnya, karya-karyanya secara fisik diserang oleh pemuda konservatif yang telah tergoda oleh politik sayap kanan selama Pendudukan Perancis. Beberapa bulan kemudian ia berpameran di Museum Victoria dan Albert di London di mana karyanya dari tahun-tahun perang menimbulkan reaksi beragam. Beberapa penonton terkejut dengan ekspresi yang kasar, kuat dan brutal, terutama jika dibandingkan dengan karya liris Matisse yang lembut yang juga dipertunjukkan di museum.
Untuk menghabiskan sisa umurnya di hari tua, Picasso tinggal dalam sebuah pedesaan. Sebelum meninggal, seniman terkenal ini menderita penyakit influenza yang berkepanjangan saat musim dingin. Dalam kondisi tersebut, Picasso tetap berkarya dengan melukis. Ia berencana membuat lebih dari 200 lukisan untuk ditampilkan di museum seni di Avignon pada Mei 1973. Namun nasib berkata lain, ia meninggal.
6. Diego Rivera
Diego Rivera (lahir 8 Desember 1866 - meninggal 24 November1957) merupakan seorang pelukis berkebangsaan Meksiko. Lahir di Guanajuato, seorang komunis aktif, dan suami dari Frida Kahlo (1929 - 1939 dan 1940-1954). Ketika Diego Rivera tiba di Detroit pada bulan April 1932 menciptakan apa yang kemudian dianggapnya sebagai karya terbesarnya, karya mural yang berjudul “Industri Detroit” , ketika itu juga ia mulai memasuki kondisi lingkungan politik dan sosial yang mencekam. Keadaan tegang di kota membuat lukisan itu sendiri menjadi peristiwa politik besar. Rivera menyebut perjuangan untuk produksi mural itu "Pertempuran Detroit."
Pada tahun 1932, Detroit adalah raksasa industri yang diremehkan. Produksi mobil turun dari 5.337.000 unit pada 1929 menjadi 1.332.000 pada 1931, turun 75 persen. Upah rata-rata tahunan pekerja anjlok 54 persen. Pada musim dingin 1932-1933, hampir setengah dari pekerja Detroit menganggur dan sepertiga dari seluruh rumah tangga, 125.000 semuanya, bertahan hidup tanpa pendapatan tunai. Tingkat bunuh diri telah meningkat hampir lima kali lipat dalam lima tahun dari 1927 hingga 1931. Sebuah studi terhadap anak sekolah Detroit pada tahun 1932 menemukan bahwa hampir semua anak-anak mengalami "kurang berat badan."
Kelas pekerja kota baru saja mulai melawan, sebuah proses yang akan mencapai puncaknya pada tahun 1936-1937 dengan meletusnya pemogokan dan pendudukan pabrik yang dipimpin oleh para pekerja mobil yang berpikiran sosialis, yang mengarah pada pembentukan serikat industri massa.
Hanya beberapa minggu sebelum kedatangan Rivera di Detroit, pada hari dingin yang pahit 7 Maret 1932, Dewan Pengangguran Detroit memimpin pawai sekitar 5.000 pekerja dan pemuda dari Detroit ke sistem pabrik River Rouge Ford yang besar di Dearborn dalam apa yang kemudian dikenal sebagai "The Hunger March. "Para pekerja, bergerak maju melawan angin menderu di bawah spanduk seperti" Pajak Orang Kaya dan Memberi Makan Orang Miskin, "" Beri Kami Pekerjaan, "dan" Kami Ingin Roti Bukan Remah, "bertujuan untuk menghadirkan 14 tuntutan kepada Henry Ford , orang terkaya di dunia, termasuk seruan untuk merekrut penganggur, hak berorganisasi dalam serikat pekerja, tidak ada diskriminasi terhadap orang kulit hitam dalam perekrutan, dan mengakhiri sistem mata-mata perusahaan yang dibenci.
Ketika para demonstran mencapai Dearborn, polisi dan preman pribadi Ford menyerang dengan gas air mata, selang api, tongkat pemukul, dan tembakan langsung.Empat anggota Liga Pemuda Komunis terbunuh: Joe York, Coleman Leny, Joe DeBlasio, dan Joe Bussell, baru berusia 16 tahun. Dua puluh dua lainnya terluka, di antaranya Curtis Williams, yang meninggal karena lukanya tiga bulan kemudian. The New York Times melaporkan setelah kejadian itu: "Jalan-jalan Dearborn berlumuran darah, jalan-jalan dipenuhi dengan pecahan kaca dan puing-puing mobil yang penuh peluru, dan hampir setiap jendela di gedung pekerjaan pabrik Ford telah rusak."
Dalam tampilan solidaritas yang mencengangkan, pada 12 Maret, sebanyak 60.000 pekerja berbaris di Woodward Avenue melewati Institut Seni Detroit dan enam mil ke barat menuju Pemakaman Woodmere tempat keempat pekerja yang terbunuh pada 7 Maret harus dimakamkan. Pelayat dilarang memasuki Dearborn, di mana mereka akan bertemu "pertama kali dengan stok, kemudian gas air mata, kemudian gas bau, dan akhirnya dengan senjata jika cara lain gagal," mengancam Fred Faustman, penjabat kepala polisi Dearborn.
Tidak ada pelayanan keagamaan, laporan pers mengeluh;sebaliknya, pekerja menyanyikan Internationale — lagu solidaritas kelas pekerja internasional. Karena Curtis Williams adalah orang Afrika-Amerika, pemakaman Woodmere menolak untuk membiarkan jenazahnya dimakamkan di sana; abunya malah tersebar dari pesawat di atas pabrik River Rouge.
Rivera datang ke Detroit dalam beberapa minggu setelah Hunger March, pada 21 April 1932, sudah menjadi artis terkenal dan menjadi sasaran serangan pahit baik dari sayap kanan maupun partai Komunis Stalinis AS dan Meksiko. Rivera telah dikeluarkan dari Partai Komunis Meksiko pada tahun 1929 karena "penyimpangan" ideologis, dan telah dipatok sebagai "Trotskyite," dosa politik terbesar. Stalinis menyebut Rivera sebagai "seniman jutawan untuk pendirian" dan "revolusioner palsu." Dia tiba di Detroit dari California, di mana dia baru saja menyelesaikan Allegory of California di San Francisco Stock Exchange.
Rivera harus dibayar $ 21.000, seluruhnya dari kantong Edsel Ford. Seorang seniman amatir dan wali dari Institut Seni Detroit, Edsel jelas lebih progresif daripada ayahnya, Henry. Penatua Ford telah menjadi anti-Semit yang ganas, yang bertanggung jawab untuk publikasi pertama Protokol Para Tetua Sion di AS. Henry Ford adalah anti-komunis yang pahit dan menentang organisasi independen dari kelas pekerja di pabriknya, menggunakan "Departemen Layanan" -nya yang terkenal untuk memata-matai, mengintimidasi, dan memukuli pekerja yang keluar dari barisan.
Pekerja Ford kemudian bersaksi tentang teror di kota perusahaan Dearborn. Rumah-rumah dibobol dan digeledah tanpa surat perintah, pejabat kota mengancam kekerasan terhadap komite pekerja dan menolak hak pekerja untuk berkumpul, sementara pekerja yang menganggur yang mengajukan bantuan kesejahteraan ditolak. Dalam satu kasus, seorang pejabat dari "Komisi Keamanan" kota menodongkan pistol di hadapan seorang pemimpin pekerja dan mengatakan kepadanya, "Kami menempatkan empat dari jenis Anda di kuburan mereka dengan ini dan kami akan menaruh lebih banyak jika kami harus."
Direktur brilian DIA, Wilhelm Valentiner, seorang imigran Jerman yang sangat dipengaruhi oleh gerakan sosialis, telah menugaskan Rivera untuk melakukan serangkaian mural di Garden Court pusat museum berdasarkan tema “The Spirit of Detroit.”
Mural itu percaya bahwa semangat ini dapat ditemukan di pabrik-pabrik. ”Selama tiga bulan berikutnya, Rivera melanjutkan balapan dari pabrik ke pabrik di seluruh wilayah Detroit,” menurut sejarawan Alex Goodall. "Dia mengunjungi lusinan lokasi di sekitar kota, tetapi inspirasi utamanya berasal dari pabrik River Rouge milik Ford Company: situs mekanis terbesar dari aktivitas industri komunal di dunia."
Pabrik itu adalah konglomerasi besar-besaran dari kapasitas dan daya produktif, mengambil ruang di kota kecil, di mana bahan baku seperti batu bara, kayu dan bijih besi dibawa oleh kapal dan kereta api, dan dikerjakan di pabrik baja, pengecoran dan pabrik yang dioperasikan oleh sebanyak 100.000 pekerja. Bijih besi yang tiba dengan kapal akan muncul sebagai motor jadi di jalur perakitan 33 jam kemudian.
Ketika ia akhirnya mulai mengerjakan mural pada 25 Juli 1932, memberikan dirinya dan asistennya jadwal shift 18 jam "yang sama-sama menuntut jadwal seperti speedup apa pun yang ditetapkan oleh manajer pabrik Ford," dengan kata-kata Goodall, "mural itu terbukti berhasil." menjadi pijar secara sosial. "
Dalam sebuah manuskrip yang tidak diterbitkan, Valentiner menggambarkan mereka sebagai "semacam ensiklopedia pengetahuan ilmiah dan mekanis di zamannya, dimulai dengan perkembangan manusia dari embrio." Aktivitas manusia, lanjutnya, "ditampilkan menyebar seperti akar-akarnya." tentang pohon ”dari pengembangan pertanian, hingga penemuan sumber daya alam dan penemuan metode teknologi masyarakat dunia untuk memanfaatkan batu bara, besi, kapur dan pasir, basis industri modern.
Pusat karyanya, Rivera menempatkan kelas pekerja industri, yang digambarkan bukan sebagai massa abu-abu tetapi kekuatan sosial yang hidup dan kuat, yang kerja kolektifnya menggerakkan semua pencapaian bersejarah umat manusia.
Oposisi terhadap mural Rivera terkonsentrasi di kelas atas Detroit. “Senor Rivera telah melakukan kebohongan tak berperasaan terhadap majikan kapitalisnya, Edsel Ford,” kata presiden Marygrove College George Derry, “dia menyodorkan pada Mr. Ford dan museum Manifesto Komunis.” Untuk bagiannya, Rivera kemudian mengenang "[B] wanita-wanita cantik dan berpakaian bagus mengeluh tentang hilangnya taman mereka yang damai dan indah, yang seperti oasis di gurun industri Detroit."
Dalam serangan mereka, para kritikus mengungkapkan kesempitan mereka. Detroit Free Press melolong karena fakta bahwa Rivera dan direktur DIA William (Wilhelm) Valentiner bukan orang Amerika. "Seorang direktur seni didatangkan dari Jerman untuk menugaskan seorang seniman Meksiko untuk menafsirkan semangat kota Amerika," tulisnya. "Mengapa tidak menyewa sutradara Prancis untuk menemukan kami seorang muralis Jepang untuk memberi tahu kami seperti apa penampilan kami." The Detroit News menyebut mural itu "tidak-Amerika, tidak sesuai dan tidak simpatik" dan mengusulkan "untuk menghapus seluruh pekerjaan."
Pengecaman paling pahit datang dari “pendeta radio” yang berbasis di Detroit yang fasis, Pastor Charles Coughlin, yang program radionya di radio mencapai jutaan rumah di Amerika, dan Pendeta H. Ralph Higgins dari gereja Methodist St. Paul di Detroit, keduanya mencari kehancuran mural.
“Pastor Coughlin mulai menghormati saya setiap hari dengan cacian panjang, mengutuk lukisan dinding Lembaga sebagai tidak bermoral, menghujat, anti-agama, cabul, materialistis, dan komunis,” kenang Rivera. "Akibatnya, seluruh kota Detroit mulai berdebat tentang apa yang saya lakukan."
"Mural ini kira-kira sesuai dengan pengadilan klasik museum seni kita seperti band jazz di katedral abad pertengahan," kata Higgins. “dia mural untuk melambangkan semangat Detroit. Jika kejeniusan orang-orang kita menjadi materialisme dan ateisme yang tidak tercampur aduk, jika dewa-dewa kita adalah sains dan seks, jika kebrutalan zaman mesin adalah satu-satunya kebajikan yang diungkapkan oleh kota kita yang adil, jika hal ini benar, Mr. Rivera harus dipuji sebagai Michael Angelo modern. "
Ancaman terhadap mural tidak sia-sia. Kemudian, pada tahun 1934, Rivera terpaksa berhenti mengerjakan lukisan muralnya di persimpangan jalan di Rockefeller Center di New York City. Sponsor Nelson Rockefeller keberatan dengan pencantuman gambar Lenin dalam lukisan itu. Seluruh mural Rockefeller Center dihancurkan dan hilang selamanya di bulan Maret 1934.
Di Detroit, Rivera memenangkan dukungan dari para intelektual dan seniman terkemuka. Arsitek terkenal Albert Kahn, dalam membela Rivera, membalikkan meja pada kritikus agama mural. “Tidak ada yang baru dalam serangan ini oleh orang-orang gereja. Michelangelo digambarkan sebagai Iblis orang-orang gereja yang mencoba mengganggu dia ketika dia sedang melakukan Kapel Sistina, ”kata Kahn. “Rembrandt juga bersalah atas tuduhan penistaan seperti Rivera. Tapi siapa yang melempar batu ke Rembrandt hari ini? "
Tetapi pembelaan paling kuat dari Rivera dan pekerjaannya datang dari kelas pekerja. Sebanyak 100.000 pengunjung datang untuk mengunjungi mural di bulan pertama setelah pembukaan, Maret 1933, satu tahun setelah Kelaparan.Sebelum mural, DIA telah melihat anggarannya turun pada 1932 menjadi sepersepuluh dari level 1929-nya. Valentiner mengenang, “Ada pembicaraan di Balai Kota untuk menutup museum, bahkan menjual benda seni. Dengan demikian, seluruh upaya sepuluh tahun untuk membangun koleksi publik yang luar biasa dengan sarana yang terbatas tampaknya dalam bahaya. Lebih buruk lagi adalah masalah staf, kepada siapa kota tidak dapat membayar gaji. "
Keberhasilan menghancurkan mural Rivera mendukung museum. Tahun 1934 menyaksikan kehadiran tertinggi dalam sejarah DIA hingga saat itu.
Dalam otobiografinya, Rivera menyatakan terima kasih atas tanggapan antusias dari pekerja industri, yang, katanya, merasa mural "telah dibuat secara eksklusif untuk kesenangan para pekerja di kota ini."Rivera mengatakan bahwa dia datang ke Amerika Serikat dari Meksiko untuk menilai “aksi dan reaksi antara lukisan saya dan massa pekerja industri yang hebat.” Muralnya, dia yakin, tidak akan pernah menjadi fokus dari perenungan pribadi beberapa orang yang memiliki hak istimewa. Mereka sebaliknya akan menginspirasi dan menjadi agen aktif dalam transformasi masyarakat revolusioner. Di Rivera ini terus terbukti benar.
Advertisement