YouTube Keok, Pendapatan Kalah dari Instagram
Anak perusahaan Facebook, Instagram meraup keuntungan dari iklan selama 2019 senilai 20 miliar dolar Amerika Serikat atau setara Rp207,5 triliun.
Menurut laporan Bloomberg, pendapatan ini menyumbang pendapatan iklan Facebook sekitar Rp966 triliun.
Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu mengakuisisi Instagram pada 2012, senilai Rp13,6 triliun.
Sementara itu, dilansir dari Businessinsider, pendapatan Instagram lebih banyak dibanding uang YouTube.
Menurut laporan dari Google, YouTube mendapatkan keuntungan 15 miliar dolar AS pada 2019.
Terdapat perbedaan keuntungan sebesar 5 miliar dolar AS antara Instagram dan YouTube.
Dibanding YouTube, biaya untuk mengakses konten Instagram relative lebih murah.
Sebab, besaran kuota yang harus dikeluarkan pengguna saat menonton video di YouTube lebih besar ketimbang Instagram yang konten-kontennya berupa foto dan video. Meski demikian, Departemen Kehakiman Amerika Serikat tengah menyelidiki dugaan monopoli Facebook.
Sebagaimana diketahui, Facebook memiliki beragam platform seperti Instagram, WhatsApp, Facebook Messenger, dan lainnya. Mark bahkan berencana mengintegrasikan platform-platform tersebut.