Yamaha Coba Cakram dan Swing Arm, KTM Coba Knalpot
Sehari usai seri enam MotoGP Spanyol, para pembalap kembali mengaspal dalam pengujian resmi pertama pada musim yang berjalan di Circuito de Jerez-Angel Nieto, Senin, 2 Mei 2022.
Yamaha memberi kesempatan kepada Fabio Quartararo untuk menjajal tiga hal baru. "Saya mencoba fender depan baru untuk memaksimalkan pendinginan, swingarm, dan cakram rem yang lebih besar dari Brembo. Untuk swingarm, saya mencoba masing-masing satu run untuk yang lama dan baru, untuk membuat perbandingan," kata El Diablo, julukan Quartararo.
"Bila melihat jumlah dan waktu lap, swingarm baru ini merupakan sebuah langkah maju, meskipun feeling saya tidak jauh berbeda. Di Le Mans (GP Prancis, 15 Mei) nanti, kami akan pakai swingarm standar. Namun jika ragu soal grip, kami akan mencoba yang baru," imbuhnya.
Untuk cakram rem baru yang lebih besar, Quartararo mengaku cukup cepat beradaptasi. Menurutnya, cakram seperti itu cocok untuk trek-trek yang menuntut pengereman keras seperti Red Bull Ring (Austria) dan Motegi (Jepang).
"Namun isu utama kami, yakni top speed belum juga terselesaikan," kata pemenang sembilan Grand Prix, 23 podium, dan 16 pole position dalam 57 start kelas MotoGP sejak 2019 tersebut.
Sama dengan Yamaha, KTM juga melanjutkan pengembangan RC16 2022. Lebih dari 150 lap dilahap Brad Binder, Miguel Oliveira dan rookie Tech3, Remy Gardner.
Sedangkan rekan setim Raul Fernandez harus melewatkan sesi karena masih menjalani pemulihan cedera tangan kanan. Binder bersama Oliveira terus menyempurnakan set-up dasar pada KTM RC16 untuk sisa musim 2022.
Binder juga bereksperimen dengan knalpot baru Akrapovic, sebaliknya Oliveira menguji coba berbagai opsi aerodinamika. Knalpot anyar yang diuji coba Binder begitu menarik perhatian.
Bentuknya tak biasa. Memunculkan banyak pertanyaan apa manfaat di balik upaya KTM menggunakan knalpot dengan desain menyerupai udang.
"Kami mengetes knalpot baru pada akhir hari. Ya, ini item baru yang kami uji. Sejujurnya saya tidak merasa ada perbedaan. Namun, tentu saja tim bisa melihatnya kembali, untuk mencari tahu apakah ini yang kami cari atau tidak," kata Binder kepada MotoGP.com.
"Ya, suaranya terdengar berbeda. Saya cukup suka mendengar suaranya. Yang penting pengiriman tenaga motornya sedikit lebih kuat, tetapi dengan KTM RC16, kami tidak benar-benar kekurangan apa pun dalam hal itu. Kita lihat saja nanti," imbuh Binder.
Sementara Team Manager KTM Francesco Guidotti mengatakan, "Kami telah melanjutkan pekerjaan set-up dasar kami di sini. Karena kami mengubah metode kami untuk balapan, kami perlu mempertahankan jalur ini, tapi kami juga memiliki beberapa hal baru," ujarnya.
"Brad menempuh beberapa lap. Miguel juga menemukan beberapa hal menarik yang akan berguna untuk kami analisis. Kami akan pergi ke Le Mans dengan percaya diri, dan kemudian kami akan mengantisipasi beberapa bagian baru pada tes berikutnya di Barcelona (Catalunya)," imbuhnya.
Putaran ketujuh bakal diselenggarakan di Sirkuit Bugatti, Le Mans dalam event bertajuk Grand Prix Prancis 13-15 Mei.