XL Axiata Implementasikan Zero Touch Operation
PT XL Axiata Tbk membuat gebrakan baru dalam memberi pelayanan prima terhadap konsumennya. Adalah dengan mulai diimplementasikannya platform Zero Touch Operation termasuk otomatisasi pengelolaan jaringan automation Network Operation Center (NOC).
Direktur & Chief Information-Digitalization Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, dengan platform ini, XL Axiata bisa mempercepat proses deteksi terhadap ganguan jaringan dan dampaknya terhadap pelanggan. Sehingga dampak gangguan di pelanggan dapat diminimalisir.
“Penerapan platform Zero Touch Operation ini merupakan bagian dari transformasi digital yang terus kami lakukan, di mana sejak tahun 2019 kami telah melakukan modernisasi pada setiap perangkat penunjang operasi. Agar mampu menyediakan berbagai layanan yang maksimal sesuai dengan ekspektasi pelanggan, kami juga berupaya untuk meminimalisir dampak gangguan pada sisi jaringan,” kata Yessie dalam konferensi pers secara virtual, Kamis 21 Januari 2021 siang.
Ia menjelaskan, Zero Touch Operation diterapkan untuk menjalankan pekerjaan yang berulang dan memiliki tingkat kognitif yang rendah, serta membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak untuk melakukannya. Dengan platform ini, semua pekerjaan yang sudah memiliki SOP yang baku akan bisa dikerjakan oleh mesin atau tidak perlu lagi dikerjakan secara manual.
“Dengan demikian, sumber daya yang ada bisa diberdayakan untuk pekerjaan yang lebih produktif guna mencapai tingkat efisiensi operational sesuai yang diharapkan,” jelasnya.
Saat ini, papar Yessie, implementasi platform Zero Touch Operation oleh XL Axiata telah berhasil memberikan manfaat, di antaranya ketersediaan jaringan meningkat sekitar 4,2 persen, volume download naik hingga 45 persen, waktu respon terhadap persoalan jaringan 90 persen lebih cepat, waktu untuk restorasi 35 persen lebih cepat, serta peningkatan kualitas 4G hingga 18 persen.
Data-data teresebut, katanya menunjukkan peningkatan kinerja penanganan gangguan dan peningkatan kualitas jaringan, yang pada akhirnya bisa dirasakan langsung oleh pelanggan berupa kenyamanan menggunakan jaringan XL Axiata.
Advertisement