WCC Surabaya Kampanye Masker CUK dan Launching Jersey
Women Cycling Community (WCC) chapter Surabaya mempunyai cara yang kreatif menyingkapi pandemi Covid19 yang tak kunjung usai ini. Mereka aktif mengkampanyekan penggunaan masker. Caranya?
"Kita buat lomba foto atau video kreatif di Instagram bertemakan gowes, perempuan, dan masker. Dengan nama kampanye Masker C.U.K yang artinya Masker Cantik Unik Kuat," kata Oeli Yosep Soru, Kordinator WCC Surabaya.
Dengan hashtag #wccsurabayachallenge, #pakaimaskermu, #maskercuk, #wccsurabaya, #sheridesindonesia, dan goweskece mereka ingin menyampaikan pesan meskipun berolahraga gowes bisa tetap taat prokes (protokol kesehatan). Lomba foto video ini diikuti oleh sekitar 30 cyclist perempuan. Dengan periode 3 – 19 Februari 2021.
Lantas, pengumunan pemenang diumumkan pada Minggu, 21 Februari. Ada tiga pemenang yang berhak mendapatkan hadiah dari sponsor. Mereka adalah Rella, Arum Lutfi, dan Ditra Hartono.
Di hari itu dibarengi juga dengan ride bersama keliling kota Surabaya. Berangkat dari Graha Pena Ahmad Yani lantas menuju Ciliwung, Mayjen Sungkono, HR Mohammad, lantas masuk Citraland.
Lalu putar balik di depan kedutaan Amerika Serikat, kembali ke Unesa lantas Wiyung, Gunungsari, Hayam Wuruk, dan berakhir di Wdnsdy Café di Surabaya Town Square.
Lagi-lagi karena alasan prokes, gowes kali ini dibatasi hanya 50 cyclist saja. "Keberangkatan juga dipisah-pisah. Dijadikan tiga kelompok kecil-kecil agar tidak terlalu bergerombol," kata Oeli.
Ride bersama ini juga bertujuan mengenalkan jersey terbaru WCC chapter Surabaya. Agak berbeda dengan jersey WCC tahun-tahun sebelumnya. versi tahun 2021-2122 ini lebih cerah dengan warna putih.
"Tidak meninggalkan warna utama WCC yaitu ungu dan pink. Tapi kami memilih warna dasar putih agar bersih. Saya tambahkan aksen warna hijau sebagai identitas cyclist Suroboyo," kata Isna Iskan, Penasihat WCC Surabaya.
Di Wdnsdy Café, merekapun tidak bergerombol, duduknya terpisah-pisahkan oleh jarak demi prokes. Di sini, sebagai pengisi acara, Azrul Ananda dan Johny Ray memberi beberapa tips gowes khusus perempuan.
Lantas dilanjutkan dengan makan pagi dan pembagian door prize dari sponsor. Yaitu Modena, SUB jersey, Griya Hati Hijau, Wdnsdy, Cheers, Shinta Plastik, dan Johny Ray.
Oeli dan Isna Iskan terus mengingatkan bahwa perempuan harus bisa berkontribusi untuk masyarakat.
"Kita gowes untuk olahraga agar sehat. Tetap mengikuti anjuran pemerintah taat prokes. Kami harus menjadi ‘wajah’ kampanye pemerintah. Kami terus kampanye masker di media sosial agar bisa memberi impact langsung ke follower kami," kata Isna yang diangguki Oeli dan beberapa anggota WCC lain.
Tak hanya itu, Oeli dan Isna sudah memilki agenda untuk pemberdayaan wanita. "Proyek kami berikutnya adalah kampanye Women’s Mental Health. Tentunya masih dalam kontes bersepeda," ujar Isna.