Wanda Hamidah Merasa Ditipu, Para Artis Curhat Asuransi
Persoalan pengaduan nasabah asuransi jiwa kembali ramai di media sosial (medsos) setelah Wanda Hamidah mengunggah keluhannya di Instagram pribadinya, @wanda_hamidah. Artis sekaligus politikus ini membeberkan mengenai pengalaman mengecewakan sebagai nasabah PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia).
Dia bahkan menyebut dengan sangat terang dalam sebuah slide "aku menyesal pakai asuransi Prudential".
"Sharing aja siapa tau berguna buat teman-teman. Saya pengguna asuransi Prudential dari tahun 2009/Kartu yang merah. Saya dan 3 anak.. 500rb/bulan. Setelah Malakai lahir tambah lagi 1 anak saya asuransi kan (kesehatan). Total 5 anggota keluarga. Tahun lalu/ 2020 semua saya upgrade ke kartu hitam, naik iurannya ke 750.000 dan 1 juta sekian," tulisnya.
"Hampir 12 tahun kami menggunakan asuransi @id_prudential tidak pernah sekalipun kami pakai. Sampai Minggu lalu anak saya yang atlet basket harus operasi lutut karena 2 tahun ini cidera dan tidak boleh berolahraga (untuk seorang atlet, ini adalah pukulan yang berat)," ceritanya.
Lantaran hanya ditanggung dengan biaya yang sangat rendah dibanding dengan biaya operasinya, Wanda Hamidah merasa tertipu dengan asuransi yang digunakannya ini.
"Anyway operasi anak saya diperkirakan memakan biaya kurang lebih 50- 60 jt.. anda tau berapa yang mau dicover @idprudential ? 10 juta saja saudara-saudara.. kalau 10 aja yang dicover ga perlu asuransi deh.. huhuhu.. gw ngerasa di-scam! Ditipu abis-abisan.. sedih dan sakit hati bercampur menjadi satu sama asuransi @idprudential . Apa semua asuransi gini ? Manis pas ditawarinnya aja ya," katanya kecewa.
Curhat Artis Soal Asuransi
Unggahan Wanda Hamidah pun ikut dikomentari publik figur lainnya, misal sutradara dan produser film Nia Dinata @ibunia. "Terimakasih sudah sharing Wanda, semoga ada jalan keluar dan cepat pulih anak mu yang atlit. Waktunya double triple check semua asuransi kita," kata sutradara film Arisan! dan Berbagi Suami ini.
Artis Happy Salma @happysalma, mengatakan, "omg!!! Nyebelin banget. Aku jd khawatir. Karena aku juga pakai:( oh no...peluk untuk kamu dan abang, semoga itu ada ke salah an, masa tega begitu:(".
Satu lagi artis Ratna Listy@ratna_listy, "Turut prihatin. Yg sabar ya...."
Tanggapan Prudential Indonesia
Manajemen Prudential Indonesia pun buka suara. Luskito Hambali, Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia, menegaskan Prudential Indonesia senantiasa melaksanakan komitmennya untuk selalu mendengarkan nasabah, serta berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan keluhan yang disampaikan secara langsung.
Keluhan ini bisa disampaikan baik melalui Customer Care Centre di kantor Prudential Indonesia, customer line di nomor telepon 1500085, ataupun email di customer.idn @prudential.co.id.
"Dapat kami pastikan, besaran biaya yang di-cover dari manfaat klaim rawat inap dan manfaat pembedahan diberikan sesuai dengan plan yang dimiliki nasabah dan ketentuan polis," katanya, dalam pernyataan resmi.
Prudential Indonesia hadir selama lebih dari 25 tahun di Indonesia. Menurut Luskito, pihaknya selalu menjalankan bisnis dengan penuh integritas, sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik, dan mematuhi serta melaksanakan apa yang menjadi hak-hak dari nasabah sesuai polis asuransi yang telah mereka beli.
"Semua hal itu dilakukan oleh Prudential Indonesia sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, khususnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK)," jelasnya.