Ucapan Selamat Buat Pariwisata Indonesia Mengalir Seperti Bengawan Solo
Paskakemenangan video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World yang diumumkan UNWTO di Chengdu, 15 September 2017, kemarin, ucapan selamat tak berhenti mengalir. Alirannya begitu deras dan mengalir sampai jauh seperti lagu legendaris Bengawan Solo. Hebat bukan... Juoss tenan.
Semua delegasi dari negara-negara anggota UNWTO memberi ucapan selamat. Tetapi, sebenarnya, bukan itu yang membuat kita semua di Indonesia terharu. Apa itu? Pertama, Indonesia adalah juara dalam kategori dua kategori langsung. Pertama, Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific. Kedua, adalah Kategori People's Choice Award 2017.
“Luar biasa, ini adalah kali pertama dalam sejarah kompetisi video pariwisata UNWTO. Hanya Indonesia, satu-satunya negara yang mencatat sejarah. Mendapatkan juara kedua-duanya. Karena itu, ini momentum kemenangan dari 63 negara peserta dan sangat membanggakan. Ini benar-benar surprise buat kita," kata Menpar, Arief Yahya.
Bisa dibayangkan atmosfir persaingannya untuk merebut kemenangan itu. Pesaing Indonesia di wilayah Asia Timur dan Pasifik juga mempunyaii video yang luar biasa bagus-bagus.
Pesain Indonesia juga berjuang keras. Salah satunya juga menggunakan media sosial. Video-video pendek 30 detik-an yang terlihat diviralkan antara lain; Selandia Baru, Australia, Korea, Jepang.
Menteri Arief Yahya menyebut, khusus kategori People's Choice, vote yang didapat adalah dari e-voting seluruh masyarakat dunia, dan Indonesia juara disana. Kata Arief, kita harus berterima kasih pada Pak Presiden Jokowi, yang turut mengajak vote melalui akun Facebook-nya.
“Terima kasih juga pada masyarakat di seluruh dunia yang sudah memilih video Indonesia sehingga juara," kata Menpar Arief Yahya.
Dibalik kemenangan ini, terdapat kalimat Menpar Arief Yahya yang selalu bisa diingat dan menjadi semangat. Bahwa, maju serentak tentu kita menang. Cuplik lirik lagu Maju Tak Gentar karya seniman dan sekaligus pejuang Cornel Simanjuntak ini begitu menyihir untuk mengajak bersatu dalam spirit Indonesia Incorporated.
Harus diakui, video Indonesia sangat bagus. Destinasi yang diekspose Jakarta Wakatobi, Raja Ampat, Sumatra Utara, Lombok Makasar, dan Banyuwangi. Soundtrack lagu yang ditampilkan juga kelas dunia, What A Wonderful World oleh Louis Armstrong.
Saking bagusnya, video itu meskipun diputar dua kali, saat menerima dua kali awards, masih saja dipuji audience. Bahkan paling riuh tepuk tangannya. Itu juga indikator, bahwa videonya memang berkualitas.
Ini adalah sebuah sejarah pariwisata Indonesia. Kemenangan ini adalah modal branding yang kuat. Menpar Malah menyebut, makna kemenangan itu adalah 3C. Secara internal menaikkan Confidence Level. Secara ekaternal memperkuat Credibility, dan sudah lolos dari Calibration melalui global standart atau kriteria yang berkelas dunia. Ini harus segera ditindaklanjuti dengan sebuah kebijakan. Kebijakan yang makin mampu membangun pariwisata Indonesia di mata dunia. widi kamidi