TWICE Model Kosmetik Pemutih, Produk Artis Felicya Angelista
Artis Felicya Angelista membuat terobosan baru dalam berbisnis. Setelah aktor Song Joong Ki, Felicya Angelista berhasil menjadikan idol grup TWICE sebagai star ambassador produk skincare miliknya, Scarlett Whitening.
“Welcoming our Star Ambassador, Twice! Saranghaeeee eonnieee,” tulis Felicya Angelista di Instagram @felicyangelista.
Dari keterangan postingannya yang berikutnya, diketahui bahwa pengumuman TWICE sebagai Star Ambassador itu bersamaan dengan ulang tahun Scarlett yang ke-4. Dengan ucapan syukur, Felicya mengungkapkan terima kasihnya kepada semua penggemar dan pendukung produk kecantikannya itu.
Sebelumnya bersama Song Joong Ki, ia membuat kolaborasi yang mengarah pada perawatan tubuh, seperti sabun, shampoo, dan lain sebagainya. Kali ini, Scarlett bersama TWICE ingin mempopulerkan tentang beberapa perawatan kulit yang nantinya diharapkan mampu menarik pembeli internasional.
"Harapannya produk Scarlett bisa menjadi produk lokal yang membanggakan dan tentunya bisa berkembang hingga ke luar negeri," ucap istri aktor Caesar Hito ini.
Di sisi lain, fans TWICE justru melancarkan aksi protes. Mereka menolak idolanya mempromosikan kosmetik pemutih. Mereka bahkan meminta JYP, agensi yang menaungi TWICE untuk segera menghentikan kontrak kerjasama. Banyak ONCE (sapaan fans TWICE) di seluruh dunia sekarang khawatir bahwa idolanya yang mempromosikan produk kosmetik tersebut akan lebih berkontribusi pada penggunaan perawatan pemutih kulit.
Fans merasa keputusan JYP untuk menyetujui kerjasama ini tidak tepat. Secara tidak langsung TWICE dinilai ikut andil dalam melakukan tindak diskriminasi. Produk pencerah kulit diketahui merupakan titik perdebatan yang signifikan bagi banyak orang, karena keyakinan bahwa mereka menegakkan colorism-diskriminasi atau prasangka berdasarkan warna kulit seseorang.
Dalam email massal ke JYP Entertainment, penggemar menyatakan, "Kami merasa tidak etis bahwa TWICE mempromosikan merek dengan produk pemutih kulit, mengetahui bahwa mereka memiliki penggemar dengan kulit yang lebih gelap."
"Kami meminta Anda (JYP) untuk mempertimbangkan hal ini dan berpikir dengan hati-hati untuk keluar dari kesepakatan atau promosi merek ini karena dapat merusak tidak hanya citra anggota TWICE, tetapi juga dapat sangat menyakitkan bagi penggemar yang mereka miliki," sambungnya.
Fans lain juga sempat menjelaskan mengapa endorsement tersebut bisa dianggap "bermasalah", dengan mengatakan bahwa produk pemutih kulit dapat mengabadikan kesan bahwa seseorang perlu memiliki kulit cerah untuk menjadi cantik. Hal ini tentu semenjadi isu yang perlu diperhatikan.
Beberapa juga menyatakan kebingungan atas perilisan single berbahasa Inggris TWICE, The Feels. Mereka menanyakan mengapa JYP Entertainment mengizinkan grup tersebut untuk mempromosikan produk pemutih kulit setelah berusaha menarik audiens global dari semua etnis.
Sementara pendapat lain diutarakan fans Indonesia. Mereka mengatakan bahwa endorsement ini tidak berbahaya karena produk tersebut dimaksudkan untuk "mencerahkan" kulit dan membuatnya bersinar daripada mencerahkan pigmen, terlepas dari nama mereknya.
JYP Entertainment belum mengeluarkan pernyataan tentang kontroversi tersebut. Namun mereka telah menghapus tweet awal di @JYPETWICE mengenai dukungan tersebut.