Trek Upgrade Geometri Sepeda Gravel Checkpoint
Trek memberi sentuhan baru pada geometri sepeda gravelnya, Checkpoint. Di seluruh variannya termasuk seri SLR dan SL yang berbahan karbon juga seri ALR yang berbahan aluminium.
Tujuan utama Trek mengganti geometrinya adalah untuk memberikan sensasi balap yang lebih kental. Checkpoint dibuat lebih panjang jadi reachnya dibuat lebih jauh. Tapi dengan stem yang lebih pendek.
Gunanya jelas untuk menaikkan kenyamanan tetapi tetap memaksimalkan kendali atas sepeda dengan stem pendek. Terutama di turunan yang curam. Bagian depan head tube serta fork dibuat lebih rebah sehingga meningkatkan stabilitas di kecepatan tinggi.
Checkpoint baru ini memiliki lebih panjang 20 mm bagian front center. Yaitu jarak antara as crank dengan as roda depan lebih panjang 20 mm dibandingkan Checkpoint versi lama.
Agar seimbang, chainstay dibuat ukuran 435 mm. Secara total sepeda Checkpoint baru ini lebih panjang sehingga meningkatkan stabilitasnya. Checkpoint baru ini bisa dipasangi ban ukuran 700c x 45 mm atay 650b x 2.1 inchi. Tentunya hal ini meningkatkan kenyamanan.
Selain geometri yang berubah, Trek juga menambahkan lubang untuk meletakkan tool kit di down tube. Tapi ini hanya ada di varian SLR dan SL yang berbahan karbon.
Khas sepeda gravel, banyak dudukan yang disediakan. Ada empat dudukan untuk bottle cage, dua di downtube, satu di bawah downtube dan satu di seat tube.
Trek juga melaunching bikepacking bags yang memang khusus dipadukan dengan Checkpoint ini.
Untuk Checkpoint SLR dibuat dari karbon seri 700 OCLV dan dilengkapi dengan setelah isospeed di bagian bawah top tube. Tetap tidak bisa disetel seperti milik Madone SLR dan Domane SLR. Sayangnya, varian ini tidak bisa dipasangi dropper seatpost karena menggunakan sistem seatmast.
Trek Checkpoint SL dibuat dari karbon seri 500 OCLV dan memiliki seatpost konvensional sehingga bisa dipasangi dropper seatpost. Dilengkapi juga dengan teknologi isospeed dipasang di pertemuan seatpost dan top tube.