Trek Madone Gen 8, Memadukan Ringannya Emonda dengan Cepatnya Madone
Trek melaunching sepeda barunya, Kamis 27 Juni 2024, tepat dua hari sebelum Tour de France 2024 digulirkan, Sabtu 29 Juni. Sepeda ini sudah nampak digunakan tim Lidl-Trek di Criterium du Dauphine awal Juni lalu.
Ya, ini adalah Trek Madone Gen 8. Melalui sepeda baru ini, Trek ingin kembali ke masa lalu tahun 2010an. Yakni ketika Madone jadi andalan segala medan.
Jadi dengan kata lain, Trek mengeliminasi Emonda, sepeda yang dikhususkan untuk climbing itu. Disatukan rohnya dengan Madone.
Madone tidak lagi full aero bike. Nampak dari bentuk framenya yang tidak lagi kokoh. Tetapi lebih slim mirip dengan Emonda.
Trek Madone Gen 8 ini diklaim sebagai sepeda yang light (ringan) dan fast (cepat). Di atas kertas, Madone Gen 8 ini ringan, seringan Emonda SLR. Dan lebih ringan 320 gram dibandingkan dengan Madone.
Madone Gen 8 ini menggunakan karbon OCLV 900 series. Diklaim material ini lebih kuat 20 persen dibandingkan versi sebelumnya yakni OCLV 800 series.
Selain itu, proses pembuatan frame Madone Gen 8 ini juga lebih efisien sehingga bisa menghemat material dan mengurangi bobot. Dipadukan dengan fork one piece carbon yang juga bisa menghemat bobot.
Bagaimana dengan aerodinamika? Madone Gen 8 ini memiliki bentuk tubing yang berbeda dengan Madone seri sebelumnya (atau Emonda).
Sepeda generasi baru ini menggunakan “full system foil” aero design. Tidak lagi Kamtail Foil seperti yang biasa digunakan Trek di seri sebelumnya.
Hasilnya? Madone Gen 8 ini lebih cepat 77 detik/jam dibandingkan Emonda. Dan sama cepatnya dibandingkan Madone lama yang aero.
Jadi kemampuan aeronya tidak berkurang, tetapi bobotnya jauh berkurang, membuat Madone Gen 8 ini cocok sebagai sepeda climbing.
Salah satu keunggulan Madone Gen 7 adalah adanya IsoFlow technology. Yakni sebuah lubang di seat tube demi aerodinamika.
IsoFlow ini diperbaharui dengan lebih ringan dan 80 persen lebih kaku daripada generasi sebelumnya. Sehingga power transfer lebih efisien.
Handle bar dan stem juga berubah untuk Madone Gen 8 ini. Menggunakan bahan karbon OCLV dengan bentuk ultra fast aero.
Trek yang menyediakan opsi headtube agresif (rendah) dengan kode H1 dan headtube normal dengna kode H2, kali ini kembali menghadirkan opsi H1.5. Headtube semi agresif.
Kita lihat saja bagaimana performa tim Lidl-Trek menggunakan sepeda Madone Gen 8 ini di Tour de France yang dimulai Sabtu, 29 Juni 2024 di Italia itu.