Trek Madone 2023, Hilang ISOSpeed Muncul Diamond
Woow… setelah dua tahun lalu upgrade terakhir, Trek Madone SLR terbaru untuk 2023 sudah menampakkan dirinya. Di balapan Criterium du Dauphine, tim Trek-Segafredo menggunakan Madone terbaru ini.
Siluetnya masih mirip dengan Madone lama tetapi sangat banyak hal baru. Terutama hilangnya ISOSpeed. Teknologi yang dikenalkan oleh Trek sejak 2012 di Trek Domane ini tidak ada lagi.
ISOSpeed digunakan di seri Madone sejak 2016. Ini adalah perangkat yang ditanamkan di dalam frame tepatnya di pertemuan toptube, seattube, dan seatstay.
Ada bearing di situ, sehingga membuat pertemuan itu dapat bergerak. Memberi kenyamanan kepada penggunanya.
Nah, di Madone 2023 tidak ada lagi itu. Gantinya ada sebuah lubang besar di pertemuan ini. Seat tube tidak lagi menyambung dari atas sampai bawah seperti sepeda lain.
Seat tube hanya dari tengah ke bawah. Lantas bagian atas seat tube ini bercabang seperti huruf Y langsung memegang ke seat stay. Satu bercabang ke kiri, satunya ke kanan.
Sehingga ada lubang berbentuk diamond yang besar di pertigaan ini. Belum ada keterangan resmi dari Trek perihal bentuk ini. Apakah ini akan memberi kenyamanan sama seperti ISOSpeed?
Bagian atas seat stay tidak menempel persis di ujung belakang top tube. Tidak juga dropped seatstay. Tetapi seatstay dipasang lebih maju daripada ujung belakang toptube.
Jadi dari samping seperti ada “sayap” di belakang top tube. Tepat di ujung belakang toptube ini ada seatpost untuk menahan sadel. Rupanya inilah titik kenyamanannya, seatpost dibuat “menggantung” tidak sepenuhnya bertumpu pada seattube dan seat stay.
Selain bagian ini yang spektakuler, Madone 2023 juga dilengkapi dengan bottom bracket yang super besar. Tetapi dengan BB47 yang akan membuatnya lebih efektif dan efisien dalam power transfer.
Bagian top tube juga tidak lagi melengkung seperti Madone lama. Tetapi lurus mulai dari head tube hingga seat cluster.
Masih seperti yang lama, untuk kokpit tentu terintegrasi semuanya handlebar dan stem. Stem juga dibuat lebih agresif sehingga membuat ukuran stack jadi lebih rendah. Tentu lebih stabil.