Tingkatkan Wisata Belanja, STB Jalin Kerja Sama dengan Pakuwon
Singapore Tourism Board (STB) mencatat adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia secara singnifikan. Mulai Januari hingga November 2023, tercatat 2,06 juta wisatawan asal Indonesia melancong ke Singapura. Jumlah ini meningkat dari kunjungan tahun sebelumnya, sebanyak satu juta wisatawan.
Terrence Voon, Executive Director STB South East Asia mengatakan, salah satu yang paling diminati wisatawan Indonesia saat ke Singapura adalah berbelanja. Jumlah wisatawan asal Indonesia tertinggi dibandingkan negara lainnya.
"Shopping salah satu yang mereka (wisatawan) cari (di Singapura). Selain itu, pergi ke universal studio dan beberapa tempat juga menjadi tujuan," ulas Terrence, ditemui Jumat, 19 Januari 2024.
Melihat peluang tersebut, pihaknya ingin memberikan pengalaman ritel dan mendorong pembelanjaan di Singapura dan Indonesia. STB melalukan kolaborasi strategis bersama Pakuwon Group. Kedua belah pihak menandatangani Memorandum of Collaboration (MoC) yang berdurasi satu tahun.
Terrence mengungkapkan, dari jumlah wisatawan yang hadir, Singapura menghasilkan belanja pariwisata sebesar 1,42 miliar dolar Singapura pada Januari hingga Juni 2023.
"Mengingat bahwa komponen belanja secara konsisten menempati peringkat teratas dalam keseluruhan belanja pariwisata wisatawan dari Indonesia (35% dari total belanja pariwisata pada enam bulan pertama tahun 2023), kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman ritel dan mendorong pembelanjaan di Singapura dan Indonesia," ungkapnya.
Lanjutnya, Inisiatif ini sejalan dengan strategi STB untuk meningkatkan daya tarik dan destinasi wisata Singapura melalui kolaborasi strategis.
Pihaknya berharap, adanya kerja sama ini dapat memberikan pengalaman berbelanja lebih bagi para wisatawan antar kedua negara.
"Kami berharap bisa bekerja baik dengan Pakuwon Group dan bisa menunjukan rangkaian gaya hidup berskala Internasional yang menarik kepada pengunjung Pakuwon," ujarnya.
Sementara itu, Direktur Pakuwon Group Leon Tedja mengatakan, kolaborasi ini menandai kemitraan pertama pihaknya dan Organisasi Pariwisata Nasional, untuk terus memperkenalkan pengalaman inovatif bagi wisatawan Indonesia.
"Singapura secara konsisten menjadi tujuan wisata populer bagi masyarakat Indonesia dan kami melihat sinergi yang besar dalam kolaborasi dengan Singapore Tourism Board untuk memberikan nilai tambah dan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pengunjung baik Tunjungan Plaza
dan Pakuwon Mall, khususnya para pengunjung yang tergabung dalam PG Card Member," paparnya.
Leon Tedja menerangkan, MoC akan mencakup berbagai bidang seperti branding dan pemasaran bersama, meningkatkan pengalaman ritel bagi konsumen di Singapura dan Indonesia, serta bertukar wawasan tentang konsumen dan pasar di Indonesia.
"Konsumen di Indonesia dapat menantikan nilai tambah dan penawaran ritel yang menarik di Singapura," pungkasnya.