TikTok Terancam Diblokir, Aplikasi Penggantinya REDnote dan Lemon8
Undang-undang yang ditandatangani oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden pada April 2024 mengamanatkan, larangan unduhan TikTok baru di toko aplikasi jika ByteDance, induk usaha TikTok ini gagal menjual aplikasi tersebut, maksimal pada 19 Januari 2025.
Presiden terpilih AS, Trump, tengah mempersiapkan perintah eksekutif untuk menangguhkan pemblokiran TikTok. Partai Republik berencana campur tangan untuk mencegah Mahkamah Agung memblokir TikTok, dengan alasan adanya waktu perpanjangan untuk menjual operasional TikTok di AS.
Di sisi lain, netizen yang haus hiburan sudah mempersiapkan aplikasi lain sebagai pengganti TikTok. Kreator konten berbondong-bondong menggunakan REDnote dan Lemon8.
Keduanya merupakan platform media sosial serupa TikTok yang juga berasal dari China. Lebih spesifik, REDnote merupakan versi AS dari aplikasi 'Xiaohongshu' di China.
REDnote
REDnote menduduki posisi pertama sebagai aplikasi terpopuler di Apple App Store. Dalam deskripsinya di Google Play Store, REDnote disebut "platform gaya hidup bagi kaum muda untuk berbagi pengalaman, menjelajahi dunia yang nyata, indah, dan beragam, serta menemukan gaya hidup yang mereka inginkan".
Berbasis di Shanghai, REDnote didirikan pada 2013 silam. Kemunculannya menjadi tantangan bagi Alibaba dan Douyin alias aplikasi TikTok versi China yang sama-sama berperan sebagai media sosial dan e-commerce.
REDnote memiliki 300 juta pengguna aktif per Juli 2024, menurut laporan South China Morning Post (SCMP). SCMP menyebutnya sebagai platform "aplikasi bergaya Instagram tempat konsumen muda berbagi kiat gaya hidup" yang "berusaha menjadi kekuatan baru di pasar e-commerce yang padat di negara ini."
Lemon8
Lemon8 merupakan 'saudara' TikTok yang sama-sama dimiliki ByteDance yang berbasis di China. Aplikasi ini tersedia secara internasional dan mencakup aplikasi pengeditan video CapCut, serta aplikasi pengeditan foto dan seni Hypic.
Lemon8 diluncurkan di AS pada tahun 2023, beberapa tahun setelah pertama kali muncul di pasar Asia. Meskipun aplikasi ini menarik perhatian sejumlah media dan pengguna pada masa-masa awalnya, aplikasi ini belum berkembang sebanyak TikTok, yang memiliki lebih dari 170 juta pengguna di AS.
Seperti TikTok, feed utama Lemon8 menampilkan bagian "mengikuti" yang memungkinkan pengguna melihat konten dari pembuat yang mereka ikuti dan bagian "For You" yang merekomendasikan postingan lain. Platform baru ini juga mengurutkan postingan ke dalam kategori berbeda, seperti hubungan, kesehatan, dan perawatan kulit.
Advertisement