Tiga Peristiwa Dahsyat Bulan Rabiul Akhir, Ukasyah ibn Mihshan
Bulan Rabiul Akhir atau Rabi‘uts Tsani merupakan bulan keempat dalam kalender Hijriah atau penanggalan berbasis bulan (lunar calendar).
Pada zaman jahiliyah, bulan Rabiul Akhir ini disebut dengan bulan Wubshan atau Wabshan. Sementara bulan Rabiul Awal disebut dengan bulan Khawwan atau Khuwwan.
Sedangkan bulan Jumadil Ula disebut dengan al-Hanin. (Lihat: Abu Bakar Muhammad, Jamhartul Lughah, [Beirut: Darul ‘Ilmi] 1987, jilid 3, hal. 1311).
Dalam artikel berjudul "Rabiul Akhir: Asal-usul Penamaan dan Peristiwa Penting di Dalamnya", dilansir NU-online Lampung, disebutkan: "yang pertama memberi nama bulan Rabiul Akhir menurut satu pendapat adalah buyut kelima Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam (SAW) yakni Kilab bin Murrah". Penamaan itu tidak terlepas dari peristiwa alam musim rabi‘ atau musim semi yang terjadi di Jazirah Arab.
Musim Rerumputan
Pada musim itu rerumputan menghijau, tanaman tumbuh subur, dan pepohonan banyak yang berbuah. Umumnya musim itu terjadi selama dua bulan. Sehingga nama ini pun disematkan kepada dua bulan terjadinya musim tersebut, yang sekarang dikenal dengan nama Rabiul Awal dan Rabiul Akhir.
Selain menjadi nama bulan, kata rabi‘ juga menjadi nama musim di antara enam musim yang adaada. Yaitu ar-rabi al-awwal (musim semi pertama), shaif (musim panas), qaizh (puncak musim panas), al-rabi‘ al-tsani (musim semi kedua), kharif (musim gugur), dan syitha (musim dingin). Demikian yang dikemukakan oleh Abu al-Ghauts (Lisanul ‘Arab, jilid 8, hal. 103).
Masyarakat Arab sendiri selalu mengawali penyebutan nama ini dengan kata syahr yang berarti “bulan”. Sementara pengucapannya bisa dua versi, yaitu syahru rabi‘in al-akhir, bisa juga syahru rabi‘il akhir, dengan idhafat. (Ahmad ibn Muhammad, al-Mishbahul-Munir [Beirut: al-Maktabah al-‘Ilmiyyah), jilid 1, hal. 216).
Tiga Peristiwa
Beberapa peristiwa besar yang terjadi pada bulan Rabiul Akhir di antaranya:
Pertama, turunnya Surat al-Hasyr (pengusiran). Turunnya surat tersebut dilatarbelakangi oleh upaya pembunuhan Rasulullah SAW yang dilakukan oleh kaum Yahudi bani Nadhir.
Merekalah kaum yang pertama dikumpulkan dan diusir dari Madinah.
Demikian seperti yang disebutkan dalam salah satu ayatnya: Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama (QS al-Hasyr [59]: 2). Dan jika tidak karena Allah telah menetapkan pengusiran terhadap mereka, benar-benar Allah mengazab mereka di dunia. Dan bagi mereka di akhirat azab neraka (QS al-Hasyr [59]: 3).
(Abu Muhammad ‘Ali, Jawami‘ al-Sirah [Kairo-Mesir: Darul Ma ‘arif], 1900, jilid 1, halaman 145).
Kedua, peristiwa pengutusan Khalid ibn al-Walid oleh Rasulullah SAW kepada Bani al-Harits ibn Ka‘b. Berkat perjuangan Khalid, mereka masuk Islam di hadapannya. Peristiwa itu berlangsung pada bulan Rabiul Akhir 10 Hijriah.
Menurut Ibnu Ishaq, perang Dzat ar-Riqa juga terjadi pada bulan Rabiul Akhir keempat Hijriah, tepatnya setelah memerangi bani Nadhir.
Ketiga, di bulan Rabiul Akhir terjadi perang al-Ghabah yang dipimpin langsung oleh Rasulullah saw pada tahun keenam Hijriah, kemudian perang al-Ghamr yang dipimpin oleh ‘Ukasyah ibn Mihshan.
Pengiriman pasukan ekspedisi yang dipimpin oleh Muhammad ibn Maslamah ke wilayah Dzul Qashshah (al-Waqidi, Maghazi al-Waqidi, [Beirut: Darul A’lami], 1989, jilid 1, hal. 4)
sumber: