Suzuki Resmi Pamit dari MotoGP, Mir ke Honda, Rins ke RNF Yamaha?
Akhirnya setelah lebih dari sepekan kabar liar tentang Suzuki cabut dari MotoGP, dikonfirmasi oleh pabrikan asal Hamamatsu, Jepang ini.
Ya, Suzuki Motor Corporation sudah mengkonfirmasi rencananya untuk hengkang dari ajang balapan dunia, MotoGP di akhir musim 2022.
“Situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan untuk memusatkan upaya pada perubahan besar yang dihadapi dunia Otomotif di tahun-tahun ini, memaksa Suzuki untuk mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru.
Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar kami, kepada semua orang yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusias kepada kami.” Begitu bunyi rilis resmi dari Suzuki Motor Corporation.
Untuk itu, mereka telah berdiskusi dengan Dorna mengenai kemungkinan-kemungkinannya untuk mengakhiri partisipasi di MotoGP.
Ini bukan kali pertama Suzuki meninggalkan MotoGP, sebelumnya mereka sempat vakum antara tahun 2012 sampai 2014 karena alasan finansial.
Ternyata tidak hanya di MotoGP. Suzuki berencana mengakhiri semua kegiatan balap lainnya.
Untungnya, Suzuki mengumumkan hal ini di awal musim. Jadi memberi kesempatan kepada pembalapnya, Joan Mir dan Alex Rins untuk mencari tim baru di musim 2023.
Joan Mir yang nampaknya sudah berancang-ancang untuk masuk ke squad Repsol Honda Team bersama Marc Marquez. Memang, HRT sudah mengincarnya sejak 2019, tetapi pembalap 24 tahun ini memilih bergabung dengan Suzuki saat itu.
Sayangnya, meskipun Alex Rins lumayan berprestasi tapi belum ada berita akan berlabuh ke tim mana untuk 2023. Rins menyumbangkan tiga kali kemenangan dan 15 kali podium selama kariernya bersama Suzuki GSX-RR.
Tentunya Rins ingin tetap bersama tim besar pabrikan, tetapi bila tidak ada yang meminangnya, kemungkinan besar di akan mengambil opsi untuk jadi pembalap tim satelit, RNF Yamaha.
Tim ini menggunakan Yamaha YZF-M1 yang memiliki konfigurasi mesin sama dengan GSX-RR yakni 4 silinder inline. Jadi tidak perlu mengubah gaya balapnya.