Studi Google, Selama Ramadhan Pencarian Informasi Gadget Meningkat
Jakarta: Google merilis data-data terbaru yang menganalisa perilaku masyarakat Indonesia selama Ramadan. Data itu menyebutkan, terdapat perubahan perilaku konsumen Indonesia dalam berbelanja kebutuhan Ramadan.
Henky Prihatna, Head of E-commerce Indonesia, membeberkan fakta terdapat item tertentu yang dicari konsumen saat bulan suci yang akan datang sebentar lagi.
"Peningkatan penelusuran barang-barang kebutuhan di Google meningkat signifikan menjelang Ramadan. Pada 2016 saja peningkatan mencapai 28 persen dibandingkan 2015," jelasnya di Jakarta, Selasa (23/5).
Secara khusus, ia menyoroti bahwa smartphone menjadi salah satu barang favorit yang diincar konsumen saat Ramadan. Tercatat dalam data itu terjadi peningkatan pencarian ponsel sebesar 1.8 kali lipat.
"Penelusuran smartphone mencapai puncaknya pada pekan pemberian THR, dengan peningkatan Karta kunci tentang harga dan promosi sebesar 40 persen," lanjutnya.
Hengky mengatakan, konsumen Indonesia lebih memilih smartphone di kelas middle dan low karena dirasa paling cocok dengan penghasilan yang mereka dapatkan saat Ramadan.
"Biasanya konsumen mencari ponsel yang harganya tidak melebihi Rp7 juta rupiah di e-commerce," tandasnya. (kik)