Specialized Sirrus Seat Tube Nyleneh Demi Kenyamanan
Desain frame sepeda kian unik. Specialized meluncurkan Sirrus karbon. Sepeda yang bergenre hybrid ini mempunyai seat tube ‘buntung’ alias setengah saja.
Tujuannya, diklaim Specialized adalah untuk meningkatkan kenyamanan. Sirrus hanya dilengkapi sistem 1x (one by yakni single chainring di depan).
Jadi dropped seatstay itu langsung melengkung memegang seat tube dan berakhir di downtube. Specialized menyebut desain ini sebagai Compliance Junction.
Diklaim desain ini akan memberikan fleksibilitas yang maksimal tanpa mengorbankan performa dan efisiensi power transfer.
Tak hanya desain radikal di belakang, bagian depan juga dilengkapi dengan suspensi mini yang disebut Future Shock 1.5 di dalam head tube. Bertujuan untuk meredam getaran sebelum dirasakan di handlebar.
Menurut Specialized, Sirrus bisa dipasangi ban hingga maksimal ukuran 42 mm tanpa mudguard. Apabila ada mudguard, maksimal hanya bisa dipasang ban ukuran 38 mm.
Dengan absennya front derailleur membuat minim kabel dan komponen. Minim perpindahan gigi membuat minim masalah.
Sirrus menggunakan sproket 11-50 dipadukan dengan chainring 38t atau 40t. Dengan kombinasi grupset seperti itu dan penggunakan ban yang bisa besar, Sirrus ditujukan untuk cyclist penyuka adventure.
Sehingga dudukan untuk bidon sangat banyak bertebaran di frame. Untuk frame size XS dan S ada tiga dudukan. Sedangkan frame ukuran L terdapat empat titik dudukan.
Selain itu masih adalagi dudukan untuk spatbor dan bikerack. Sirrus ini dibuat untuk unisex jadi satu ukuran untuk pria dan perempuan.