Specialized Diverge STR, Sepeda Gravel Bersuspensi Belakang
Specialized meluncurkan sepeda barunya, Diverge STR. Sebenarnya Diverge bukan sepeda baru. Ini adalah sepeda khusus Gravel dari pabrikan asal Morgan Hills, California, Amerika Serikat ini.
Tetapi yang terbaru adalah versi STR yang mana sangat istimewa dengan ada suspense di belakang. Yang bagian depan juga ada suspensi terpasang di dalam headtube.
Ini bukan hal baru, Diverge lama sudah ada ini. Disebut sebagai Future Shock 2.0. Diverge STR ini juga bisa mengakomodasi ban ukuran 47 mm dan ada juga kompartemen di bagian bawah. Sama dengan Diverge versi lama.
Tetapi, Diverge STR memiliki keistimewaan dengan adanya suspense belakang. Dengan ini, membuat vibrasi di sadel berkurang 20 persen. Dibandingkan dengan Diverge lama.
Untuk harga, Diverge STR ini cukup mahal untuk sepeda gravel. Dibanderol USD14 ribu untuk tipe tertingginya, S-Works.
Angka ini lebih mahal USD1000 bila dibandingkan dengan S-Works Crux.
Menurut Specialized, pengembangan suspensi belakang di Diverge STR ini sangat rumit. Karena ada problem bahwa harus nyaman tanpa mengurangi tingkat kekakuan sehingga power transfer tetap maksimal seperti frame double diamond biasa.
Sesungguhnya suspensi Diverge STR ini sudah dikembangkan dalam lima tahun terakhir ini. Chris D’Aluisio, salah satu insinyur desain Specialized mengembangkan dan mendesain beberapa purwarupa Diverge STR dalam dua tahun.
Menurut D’Alusio, sistem Future Shock Rear ini pengendara berada di atas frame yang rigid. Keuntungan dari sistem ini adalah travel suspensi maksimal 30 mm ini terjadi dalam bentuk melingkar seperti setengah lingkaran. Jadi suspensi bekerja turun dan mundur.
Cara kerja ini berbeda dengan suspensi yang menggunakan seatpost sebagai titik utamanya. Yaitu naik dan turun. Dengan begitu, cyclist masih bisa berada di atas sadel dengan nyaman ketika melewati jalanan yang bergelombang.
Uniknya, dengan adanya Future Shock Rear ini membuat cyclist jadi lebih mudah saat menanjak. Tidak perlu off sadel untuk meringankan sepeda ketika melewati jalanan gelombang.
Tetap duduk saja, nanti suspensi belakang ini yang akan bekerja. Sehingga traksi dan power masih tersalurkan dengan maksimal.
Specialized mengembangkan sembilan ukuran frame. Tujuannya memastikan penggunanya memiliki pengalaman yang sama dalam merasakan Future Shock Rear meskipun ukuran badan dan bobotnya berbeda.
Advertisement