Sirkuit Mugello Rayakan Balapan ke-1.000 Ferrari
Balapan di Grand Prix (GP) Tuscan 2020 akan digelar di Sirkuit Mugello, Minggu 13 September 2020. Momen ini sekaligus menandai balapan F1 ke-1.000 tim Ferrari.
Bertanding di Autodromo Internazionale del Mugello, Italia, setiap pembalap akan melalui 59 putaran di lintasan sepanjang 5,245 kilometer tersebut. Penggunaan Sirkuit Mugello sebagai arena balapan Formula 1 2020 adalah yang pertama kali dalam sejarah.
Nama Mugello telah dikaitkan dengan balapan di daerah Tuscany sejak 1914. Sirkuit ini awalnya dianggap sebagai jalur balap jalanan sepanjang 61 kilometer yang menakutkan. Sirkuit Mugello dibuka pada Juni 1974. Ferrari lantas membeli trek tersebut. Mereka harus berkendara sejauh 120 kilometer dari markas mereka di Maranello, pada 1988.
Meskipun menjadi sirkuit berstandar internasional, Mugello belum pernah sekalipun menjadi sirkuit balap jet darat tersebut. Sirkuit ini hanya sering dijadikan arena balap MotoGP selama bertahun-tahun. Sirkuit Mugello dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu sirkuit terbaik di dunia.
Sirkuit Mugello, dengan 15 tikungan, adalah sirkuit menukik dan bergelombang yang mendapat pujian oleh hampir semua pembalap. Terletak di sebuah lembah, topografinya sering menjadi pertimbangkan tim F1 melakukan tes balap pada masanya. Setap pembalap, bahkan, menganggap balapan di Mugello seperti berada dalam rollercoaster.
Tujuh dari para pebalap yang ada di grid saat ini pernah menjajal sirkuit Mugello ketika F1 mengadakan tes ofisial di sana pada 2012. Namun pembalap Mercedes-AMG Lewis Hamilton merasakan pengalaman membalap di trek itu hanya melalui simulator di Brackley.
Mugello selama ini langganan menggelar MotoGP Italia dan menjadi sirkuit keempat di Italia yang pernah masuk di kalender Formula 1 setelah Monza, Imola dan Pescara.
Sementara itu, Ferrari tak terlalu banyak melakukan pesta tahun ini setelah dihantui performa buruk mobil mereka dan baru-baru ini tampil paling mengecewakan di Monza sejak 1995.
Namun, untuk merayakan Grand Prix ke-1.000, Ferrari akan membalut mobil mereka dengan warna livery burgundy atau merah anggur, yang merupakan warna mobil balap F1 pertama Ferrari.
Putra Micheal Schumacher, Mick akan mengendarai mobil balap Ferrari tahun 2004 yang dikemudikan sang ayah di sesi pertunjukan jelang lomba.
Mercedes juga akan menyediakan safety car berbalut warna merah Ferrari, ketimbang warna perak seperti biasanya, sebagai penghormatan.
Dan untuk pertama kalinya di musim yang tertunda krisis kesehatan global ini, sejumlah penonton terbatas akan diizinkan menyaksikan balapan secara langsung di tribun, di mana setiap harinya dibatasi hanya 2.880 penonton saja.