Single Day 11.11, Hari Jombo Sedunia Jadi Promo Belanja Online
Angka unik 11.11 (11 November) bukan cuma ramai karena promo belanja online. Di China, tiap 11 November dirayakan sebagai Single Day alias Hari Jomblo. Meskipun pada mulanya dimulai di China, tapi dalam perayaan Hari Jomblo Sedunia kini mulai merambah ke negara lain. Meski sudah banyak dikenal, tapi tak sedikit orang yang masih asing dengan Hari Jomblo Sedunia ini.
Ceritanya, mahasiswa Universitas Nanjing merayakannya sejak 1993. Mengutip dari Forbes, Single Day juga disebut sebagai 'bare sticks holiday'. Tanggal 11 November diterjemahkan sebagai angka alias 11.11, ini akan menyerupai empat batang kayu.
Meski diumpamakan sebagai batang kayu, para pria dan perempuan lajang harus tetap bahagia merayakan statusnya. Mereka "dilarang" bersedih meratapi nasibnya yang sendiri. Untuk membahagiakan diri sendiri, para lajang bisa membeli hadiah saat perayaan Single Day.
Di China, Single Day ditetapkan sebagai hari libur nasional. Kemudian sejak 2009, perusahaan Alibaba, market place terbesar di China, mengubah Singles Day jadi gelaran belanda besar-besaran. Tiap tahun, festival belanja dimulai sejak pukul 00.00 pada 11 November dan berlangsung selama 24 jam. Di sini konsumen bisa menikmati diskon spesial dari Tmall atau platform belanja milik Alibaba.
Tidak hanya di China, kini pesta belanja di 11.11 digalakkan di berbagai negara. Gelaran biasanya dimotori oleh e-commerce dan market place. Momen ini pun dimanfaatkan untuk pilih-pilih barang di keranjang belanja sebab selalu ada potongan harga produk maupun ongkos kirim.
Menurut situs berhemat CupoNation yang melakukan studi tentang perkembangan popularitas pesta belanja, ada lima situs toko online dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia, yang jika diurut berdasarkan jumlah pengunjung terbanyak adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan Blibli. Kini, Shopee berhasil melesat ke peringkat pertama dimana sebelumnya berada di urutan ke-3.