Sidoarjo Tuan Rumah AKI 2022, Menparekraf Target UMKM Masuk Mall
Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu dari 16 kabupaten/kota di Indonesia yang menjadi tempat penyelenggaraan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.
Program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI itu di gelar di Lippo Plaza Sidoarjo. Program pengembangan ekonomi kreatif itu salah satunya diisi pameran produk dari para pelaku ekonomi kreatif.
Kegiatan dibuka langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa'adah Ahmad Muhdlor M.Hum hadir dalam kesempatan itu.
Dalam pembukaannya, Kemenparekraf juga menghadirkan Farel Prayoga, bocah asal Banyuwangi yang viral menyanyikan lagu Ojo Dibandingke di Istana Negara pada hari Kemerdekaan RI ke 77 tahun 2022 kemarin. Pamerannya sendiri akan berlangsung hingga 4 September 2022.
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan AKI menjadi salah satu program pengembangan ekonomi kreatif. Program itu berhasil, terbukti dengan digelarnya AKI yang pertama di tahun 2021 lalu. Para pelaku ekonomi yang ikut dalam AKI 2021 dapat bangkit sampai hari ini. Omset penjualan produknya meningkat setelah mengikuti AKI.
"Di Tahun 2021 sudah membuktikan peningkatan omset dari para pelaku ekonomi kreatif dan sudah banyak yang bertemu dengan investor, tadi waktu saya kunjungi stand pameran, ternyata sudah banyak yang mendapatkan pendanaan dari investor untuk usahanya," ucapnya, Jumat, 2 September 2022.
Sandiaga juga mengatakan AKI dapat menjadi wadah kolaborasi antar pelaku ekonomi kreatif. Melalui AKI diharapkan akan membuka lapangan kerja baru yang ditargetkan 1 juta usaha ditahun 2022. Ditahun 2024, Sandiaga menargetkan akan membuka 4,4 juta lapangan kerja baru melalui UMKM yang ada.
"Saya ingin menyampaikan pesan dari bapak presiden Joko Widodo, bapak presiden ingin UMKM harus terus didukung agar mereka semua naik kelas, oleh karena itu AKI memastikan bukan hanya Start Up tapi skill up," ujarnya.
Sandiaga juga mengatakan digitalisasi ekonomi harus melahirkan perusahaan-perusahaan yang maju. Saat ini sudah ada dua decacorn yang lahir. Perusahaan itu yakni GoTo dan JNE Express. Serta terdapat 9 unicorn yang terus membantu pemberdayaan UMKM. Salah satunya shopee.
Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Sidoarjo Hj. Sa'adah Ahmad Muhdlor merasa bangga dipilihnya Kabupaten Sidoarjo menjadi tuan rumah AKI 2022. Menurutnya hal ini menjadi sinyal pelaku ekonomi kreatif Sidoarjo diakui pemerintah pusat. Lewat AKI, produk-produk pelaku ekonomi kreatif Sidoarjo akan semakin dikenal.
"Kita patut berbangga pengrajin di Sidoarjo diakui ditingkat nasional," ucapnya.
Ning Sasha panggilan akrab istri Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor itu mengatakan, dukungan Dekranasda Sidoarjo kepada para pelaku UMKM terus dilakukan. Saat ini ia sedang fokus pada pengembangan digitalisasi bagi kemajuan UMKM yang ada.
Pembuatan profil UMKM menjadi salah satu yang akan dilakukannya. Melalui itu, Ning Sasha berharap pemasaran produk-produk UMKM akan semakin luas.
"Dengan adanya profil itu akan mempermudah kita dalam memasarkan dan mengenalkan produk UMKM Sidoarjo ditingkat global," sampainya.
Ning Sasha mengatakan ekonomi kreatif di Sidoarjo terus tumbuh pesat. Hal itu terjadi sejak pandemi Covid-19. Tidak hanya industri kerajinan, namun juga industri kreatif semakin tumbuh.
"Pertumbuhan ekonomi kreatif di Sidoarjo ini sangat pesat sekali, tidak hanya diukur dari UMKM dan segi pengrajin, tapi juga dari segi musik maupun videografi yang ada di pameran ini," tutupnya.