Sidoarjo Mudahkan Warga Terdampak Bencana Urus Adminduk
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sidoarjo meluncurkan inovasi baru memudahkan masyarakat yang terdampak bencana seperti kebakaran dan banjir untuk pengurusan administrasi kependudukan (adminduk).
Inovasi ini merupakan kolaborasi antara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kecamatan dan desa serta stakeholder lainnya.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Sidoarjo, Reddy Kusuma mengatakan inovasi ini merujuk pada Permendagri Nomor 96 Tahun 2019 tentang penduduk yang rentan administrasi kependudukan.
Menurut Reddy, inovasi tersebut sebenarnya sudah lama digagas, namun baru dimasifkan kembali belakangan ini karena banyak terjadi musibah kebakaran.
"Kami terus bergerak untuk mempermudah masyarakat rentan dalam pengurusan adminduk, mengingat dokumen adminduk ini adalah dokumen penting untuk pengurusan dokumen lainnya seperti sertifikat tanah, buku tabungan, dan BPJS," jelasnya saat ditemui Ngopibareng.id di Command Center Sidoarjo, Kamis, 21 September 2023.
Reddy juga menambahkan, pengurusan adminduk ini meliputi pengisian formulir, meng-entry data, dan menerbitkan dokumen seperti pencatatan kelahiran, kematian, pernikahan, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Identitas Anak (KIA).
"Pengurusan adminduk ini kami lakukan di hari itu juga dengan cepat dan sigap semua selesai dalam satu hari," ucapnya.
Reddy berharap bahwa program ini mampu mengurangi beban administratif bagi warga yang sedang berjuang dalam mengatasi dampak bencana dan memberikan dukungan nyata serta memulihkan kehidupan warga dengan lebih cepat.
"Kami memahami bahwa masyarakat yang terkena bencana sering kali memiliki kebutuhan mendesak dan kompleksitas tambahan dalam mengurus dokumen kependudukan sehingga diharapkan inovasi ini dapat membantu," tutupnya.
Advertisement