Shalat Jumat Dijamak dengan Shalat Ashar, Bolehkah?
Bila kebetulan hari libur, banyak orang melakukan perjalanan ke luar kota. “Saya sering menyaksikan, seolah-olah banyak orang tidak melaksanakan Shalat Jumat. Tapi, kadang saya ragu, apakah mereka bisa menjamak shalatnya? Misalnya, Shalat Jumat dan Shalat Ashar?,” tanya Andi Malik, warga Dau Malang, pada ngopibareng.id.
Inilah jawaban dari Majelis Tarjih Muhammadiyah. “Bagi yang akan atau sedang bepergian, shalat Jumat bisa dijamak dengan shalat Ashar. Sesungguhnya Tim Fatwa Tarjih Muhammadiyah belum menemukan dalil yang khusus. Namun, menurut pihak Fatwa Tarjih hal ini bisa didAshar kan kepada dalil yang umum. Yaitu shalat jamak bagi orang yang akan atau sedang bepergian.”
Berikut penjelasan selanjutnya:
Sebagaimana diketahui, bagi orang yang sedang atau akan bepergian dia diperbolehkan melakukan shalat jamak, Dzuhur dengan Ashar, Maghrib dengan Isya, kecuali shalat Subuh. Pelaksanaannya bisa secara jamak taqdim atau jamak ta'khir. Rasulullah SAW apabila dalam safar (bepergian) biasa melakukan shalat jamak.
Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits :
Artinya: “Bahwasanya Rasulullah saw apabila akan bepergian sebelum matahari tergelincir, beliau mengakhirkan shalat Zuhur pada waktu Ashar , apabila masuk waktu Ashar lalu menjamak kedua shalat tersebut (Zuhur dengan Ashar ) di waktu Ashar , dan apabila sebelum berangkat matahari sudah tergelincir, beliau menjamak shalat Zuhur dengan Ashar , lalu pergi.” (HR. Muslim dari Anas)
Demikian juga dalam riwayat Ahmad dan Kuraib dari Ibnu Abbas disebutkan lebih jelas bahwa lbnu Abbas berkata: “Maukah saudara-saudara kuberitakan perihal shalat Rasulullah saw sewaktu sedang bepergian? Kami menjawab, ya. Ibnu Abbas berkata: Apabila Rasulullah masih di rumah matahari telah tergelincir, beliau menjamak shalat Zuhur dengan Ashar sebelum berangkat, tetapi kalau matahari belum tergelincir, maka beliau berjalan hingga waktu shalat Ashar masuk, beliaupun berhenti dan menjamak shalat Zuhur dengan Ashar . Begitu juga selagi beliau di rumah waktu Magrib sudah masuk, beliau menjamak shalat Magrib dengan Isya tetapi kalau waktu Magrib belum lagi masuk, beliau terus saja berangkat dan nanti kalau waktu Isya tiba, beliau pun berbenti untuk menjamak shalat Magrib dan Isya.”
Berdasarkan keumuman hadits di atas, ketentuannya berlaku juga kepada bepergian yang dilakukan pada hari Jumat. Oleh karenanya diperbolehkan menjamak Shalat Jumat dengan Ashar dan dilakukan setelah shalat Jum’at seperti yang saudara lakukan. Akan tetapi karena saudara melakukannya masih di kampung saudara (Medan), maka setelah shalat Jum’at langsung melakukan shalat Ashar secara sempurna 4 rakaat, tidak diqAshar . Karena shalat qAshar itu baru diperbolehkan apabila dalam bepergian, sudah keluar kampung.
Hal ini berdAshar kan firman Allah, yang artinya: “Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu menqashar shalat(mu), …”(QS. an-Nisa : 101)
Menurut ayat ini, mengqashar shalat itu dilakukan pada waktu bepergian. Dari hadis riwayat Jama’ah dari Anas juga diketahui bahwa Nabi SAW mengqAshar shalat apabila dalam keadaan bepergian dan tidak beliau lakukan selagi masih berada di kampung halaman.
Mengenal hal ini sahabat Anas menyebutkan:
Artinya: “Saya shalat Zuhur bersama Rasululah saw di Madinah empat rakaat dan di Zul Hulaifah dua rakaat.” (*)
Advertisement