Sepeda Gunung New Orbea Alma, Bagian Bawahnya bikin Melongo
Orbae mempertahankan eksistensi sepeda gunung (MTB) hardtail (tanpa sokbreker belakang). Karena sepeda hardtail ini dianggap lebih simpel terutama di sisi perawatan.
Juga sepeda hardtail sangat efisien dan efektif dalam power transfer dari pedal ke roda belakang. Tetapi kejelekannya adalah tidak bisa meredam guncangan jalan.
Tetapi Orbea melalui seri Alma membuat gebrakan baru. Tahun 2020 lalu, Orbea Alma sudah mendapatkan sentuhan ‘kink’ atau tekukan di top tube.
Gunanya agar bisa meredam goncangan jalan. Dipadukan dengan seatstay yang tipis dan mendatar. Kombinasi ini membuat Orbea Alma bisa lebih nyaman.
Tetapi tahun ini, New Orbea Alma lebih radikal lagi. Bagian seattube yang biasanya lurus dari sadel hingga ke area bottom bracket, kali ini dibikin nekuk. Menekuk menuju ke downtube.
Tujuannya jelas, tekukan ini bisa meredam goncangan lebih efektif. Tanpa meninggalkan pedalling yang efisien. Produsen sepeda asal Spanyol ini memberi nama X-Fader Tech untuk fitur unik ini.
Kombinasinya tentu masih dengan segitiga belakang yang dibikin lebih rebah dan tipis. Tujuannya agar bisa membuat peredaman belakang makin maksimal.
Selain itu, New Alma juga menggunakan Advanced Carbon frame. Jadi membuatnya lebih ringan. Bobot untuk size medium dan sudah dicat adalah 1.080 gram.
New Orbea Alma ini masuk dalam kategori modern XC Perfomance bike dalam keluarga Mountain Bike (MTB).
Sepeda ini sudah dilengkapi dengan kokpit baru. yakni handlebar stem yang terintegrasi berbobot 265 gram. Semua kabel juga sudah masuk ke dalam membuatnya jadi lebih rapi dan elegan.
Advertisement