Seorang Siswi SMA Pilih Bunuh Diri, KPAI : Korban Kedua PJJ
Seorang siswi SMA di Gowa, Sulawesi Selatan, berinisial MI berusia 16 tahun nekat bunuh diri dengan meminum racun, Sabtu 17 Oktober 2020 lalu.
Koban bunuh diri diduga akibat depresi dengan banyaknya tugas-tugas daring dari sekolahnya. Korban kerap bercerita pada teman-temannya perihal sulitnya akses internet di kampung, sulitnya akses internet di kediamannya menyebabkan tugas-tugas daringnya menumpuk.
MI merekam aksi bunuh dirinya dalam sebuah video. Rekaman ponsel berdurasi 32 detik itu menunjukkan detik-detik ketika korban meminum racun rumput.
Rekaman video itu telah dijadikan bukti penyebab MI bunuh diri, yakni diduga depresi sehubungan PJJ.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan duka mendalam atas meninggalkan seorang siswi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, yang diduga depresi karena kesulitan belajar daring.
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Restriyarti, mengatakan, kalau benar bahwa motif bunuh diri ananda adalah karena frustasi belajar jarak jauh selama pandemi, maka ini merupakan korban Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kedua yang meninggal setelah ananda yang dianiaya orangtuanya saat belajar jarak jauh.
Menurut Kasat Reskrim Polres Gowa AKP Jufri, penyelidikan awal mengarah koban bunuh diri akibat depresi dengan banyaknya tugas-tugas daring dari sekolahnya.
Hal ini diperkuat dengan keterangan kawan-kawan korban yang menyatakan bahwa korban kerap bercerita pada teman-temannya perihal sulitnya akses internet di kampungnya, yang menyebabkan tugas-tugas daringnya menumpuk. Rumah korban memang secara geografis berada di wilayah pengunungan, sehingga akses sinyal sulit.
KPAI mengapresiasi pihak kepolisian Polres Gowa yang bertindak cepat dan masih terus mendalami apakah ada motif lain, di samping permasalahan PJJ secara daring dan beratnya tugas-tugas yang harus diselesaikan korban.
"Hal ini penting diungkap, karena jika terbukti motif bunuh diri karena masalah kendala PJJ, maka perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh dari PJJ di kabupaten Gowa oleh Dinas Pendidikan dan Pemerintah Daerah sesuai kewenangannya. Kalau SMA/SMK berarti menjadi kewenangan pemerintah provinsi dan dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan," kata Retno
KPAI mendorong peran sekolah dalam membantu anak-anak yang mengalami masalah mental atau psikologis akibat pandemi Covid-19 yang sudah mencapai 7 bulan. Peran wali kelas dan guru bimbingan konseling menjadi sangat strategis dalam membantu anak-anak yang memiliki masalah psikologi, termasuk kesulitan dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh.
Konsultasi dapat dilakukan melalui aplikasi whatsApp atau aplikasi lain yang mudah dijangkau guru dan anak-anak. Sebab, kerap kali anak-anak hanya butuh didengar, ada saluran curhat selain ke sahabatnya, bisa juga ke guru BK dan wali kelas agar dapat diberikan solusi yang tepat.
Selain itu, KPAI menyatakan bahwa peran orangtua sangat besar dalam mencegah depresi pada anak. Suasana yang tidak nyaman atau pertengkaran dengan teman mungkin tampak sederhana bagi orang dewasa. Namun, berbeda jika kondisi tersebut dialami oleh remaja. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini bisa memicu depresi pada remaja.
"Remaja memang sering mengalami perubahan suasana hati atau mood. Itulah sebabnya, remaja yang terlihat murung atau sedih sering kali dianggap hal biasa, misalnya karena patah hati, mendapat nilai jelek, atau merasa kurang perhatian dari orang tua," tutur Retno.
Padahal, menurut Retno, bisa jadi itu gejala depresi pada remaja. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berlanjut dan menyebabkan munculnya keinginan untuk menyakiti diri sendiri, bahkan bunuh diri.