Semarang Great Sale 2017 Manjakan Wisatawan
Jakarta: Semarang Great Sale 2017 (SmarGres) 2017 yang akan digelar selama satu bulan penuh mulai 7 April hingga 7 Mei 2017, acara ini benar-benar memberikan penawaran yang bagus karena memberikan pesta diskon besar untuk sejumlah produk yang mencapai 50%-70%, juga membuat berbagai paket wisata dan diskon tiket pesawat dari tujuh maskapai penerbangan.
"Sudah betul jika Walikota Semarang Hendi memilih pariwisata sebagai andalan Kota Semarang dalam mengelola destinasi ke depan. Tidak banyak pilihan bagi kota, kecuali services. Belanja dan kuliner adalah satu paket pariwisata yang menjual services, dan memiliki impact yang kuat. Portofolo bisnis pariwisata itu 60% culture, 35% nature san 5% manmade. Di culture itulah 45% diantaranya kuliner dan shopping," jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya.
Menurut Arief yahya, jika kita tawarkan diskon yang besar, maka customer akan datang, belanja, kuliner, dan terjadikan cross selling. "Harganya menjadi affordable, sangat terjangkau, dan bisnisnya hidup. Keterjangkauan inilah yang mendorong semua level bisnis bergerak, dan tourism menjadi lebih hidup," jelas dia.
Konsep SmarGres 2017 yang sudah tahun ke 7 ini juga bisa menjadi mendorong keterjangkauan dalam tourism. "Karena itu Kemenpar akan mensupport dengan mempromosikan SmarGres ini lebih gencar, dengan pola pre, on dan post event yang sudah menjadi framework baku dan menentukan suksesbya program itu," kata dia.
Target peserta great salenya 1.250 peserta, dengan total kupon 4 juta lembar, dan total transaksi Rp 300M selama sebulan program itu. Setiap transaksi Rp 50 ribu mendapat kesempatan 1 kupon untuk diundi dengan hadiah utama 1 mobil dan 17 motor. "Bagus, dari tahun ke tahun perputaran uangnya naik dramatis," papar Arief Yahya.
Dia juga mengaku tidak khawatir dengan event Semargres ini. Semarang, menurut dia, punya brand kuat di wisata kuliner dan wisata belanjanya. “Jika kita mencontohkan makanan Lumpia, pasti yang terbesit Lumpia Semarang. Begitu juga dengan Bandeng Presto, milik semarang yang terkenal," ungkap Menpar Arief Yahya.
Terpisah, Walikota Semarang Hendrar Prihadi juga menjelaskan di acara Semarang Great Sale ini juga melibatkan 5 pasar tradisional dan UMKM. Bukan hanya mal dan gerai pertokoan untul level atas, tapi juga sampai kr pasar tradisional, agar terasa impactnya sampai ke level bawah. "Kami punya banyak destinasi wisata, kami berharap Kemenpar membantu menjadikan Semarang sebagai kota wisata. Kami siap untuk mewujudkan 20 juta turis di 2019," kata Hendrar Prihadi.
Menurut Hendrar Prihadi, selama event ini juga bakal diselingi berbagai kegiatan seperti pertunjukan musik, pertunjukan kebudayaan, sport tourism, dan pameran mobil tua collectible.
Ia menargetkan ada transaksi sebesar Rp 300 miliar dalam event Semagres 2017 ini. Bila tahun lalu pihaknya berhasil menyebarkan kupon sebanyak 2 juta lembar, tahun ini ditargetkan tersebar sebanyak 4 juta kupon.
"Berdasarkan data Semargres tahun 2016, jumlah peserta mencapai 1.130 peserta dengan nilai transaksi Rp 110 miliar yang tercatat. Tahun ini, panitia menargetkan jumlah peserta sebanyak 1.250 peserta dengan target transaksi Rp 200 miliar sampai Rp 300 miliar. Kupon yang dikeluarkan juga ditarget naik dua kali lipat, 4 juta kupon. Satu kupon bisa didapatkan dengan berbelanja senilai Rp 50 ribu dalam masa great sale," kata Hendrar. (frd)