Seleb K-Pop Digaet Jadi Model Iklan Bank
Salah satu strategi marketing, bank-bank di Korea Selatan bekerja sama dengan idol-idol K-pop sebagai bintang iklan.
Melansir Soompi, seorang sumber dari perbankan mengungkap, “Di masa lalu, perbankan lebih suka model yang memberikan kredibilitas, tetapi sekarang efek promosi merk pada kaum muda dan orang tuanya diharapkan didapatkan dengan menggunakan idol grup sebagai model.
Saat menggunakan model yang telah mendapatkan pengakuan dari luar negeri, perusahaan juga dapat menikmati peningkatan citra merek saat memasuki suatu negara.”
Berikut beberapa perbankan besar di Korea Selatan yang mengunakan idol grup untuk menjadi model iklan seperti KB Kookmin Bank, Shinhan Bank, Woori Bank, dan Nonghyup Bank.
KB Kookmin Bank mengaet BTS sebagai model iklan sejak tahun 2018. Video iklan promosi bank tersebut telah ditonton jutaan orang dan mempunyai dampak baik bagi bisnis perbankan mereka.
Selain itu KB Kookmin Bank juga merilis produk perbankan berupa kartu debit dan tabungan dengan background BTS. Diperkirakan KB Kookmin Bank akan memperpanjang kontrak BTS.
Sebelum bubar, Wanna One juga digunakan sebagai alat promosi oleh Shinhan Bank. Saat ini kontrak mereka telah habis dan Shinhan Bank sedang mencari model iklan baru mengantikan Wanna One.
Saat mengunakan Wanna One, produk perbankan Shinhan Bank laku keras dipasaran. Hal tersebut dibuktikan dengan Shinhan Bank yang mengeluarkan 100 ribu kartu debit dan rekening dengan foto member Wanna One.
Ternyata dalam mendapatkan kartu debit dan rekening Wanna One harus menjalankan beberapa misi terlebih dahulu. Misalnya jika mengajak 5 teman baru akan mendapat buku rekening, dan jika lebih dari 5 orang akan mendapat kartu debit Wanna One.
Menyusul kesuksesan kedua bank di atas, Woori Bank dikabarkan telah menandatangani kontrak dengan BLACKPINK pada pertengahan Januari 2019. Woori Bank berharap dengan mengunakan Jennie, Lisa, Jisoo, dan Rose, yang saat ini sedang tenar di dunia mampu menghasilkan keuntungan dan memperkenalkan produk mereka.
Nonghyup Bank memilih jalan yang berbeda. Mereka justru memilih girl grup baru, WGSN sebagai model iklan. Penandatanganan kontrak antara GWSN dan Nonghyup Bank telah dilakukan pada 22 Januari 2019.
Meskipun mampu menghasilkan banyak keuntungan, namun menggaet idol K-Pop merupakan strategi jangka pendek. Artinya industri perbankan tidak bisa mengandalkan para idol sebagai alat pemasaran.
Hal tersebut dikarenakan industri perbankan berubah sangat cepat dan dipengaruhi oleh ekonomi global. Sehingga tidak semua nasabah akan peduli siapa model iklan produk perbankan yang digunakan. Karena yang terpenting adalah keamanan dan keuntungan yang akan didapatkan nasabah dari bank. (len)
Advertisement