Sebulan Nonstop, Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival
JAKARTA: Kementerian Pariwisata RI tak henti berinovasi. Begitu juga dengan agenda publikasi. Apapun, yang bisa dan mampu menggugah geliat wisata segera disambar agar masyarakat tidak terlewat untuk mengetahui informasinya.
Terbaru, saat World Tourism Day, 27 September 2017, Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI di Kasablanka Jakarta meresmikan penyelenggaraan WICSF 2017. WICSF tak lain adalah Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival.
WICSF 2017 digelar di 18 kota besar di 12 Provinsi di Indonesia. Masing-masing digelar di pusat perbelanjaan mulai hari ini, 27 September hingga 27 Oktober 2017. Sebulan penuh pokoknya.
Kenapa memakai tagline Culinary? Menurut Menpar, kuliner adalah salah satu daya tarik suatu daerah. Kuliner biasanya berpadu dengan kerajinan khas daerah itu. Ini menjadi ajang promosi yang bagus bagi daerah dan diharapkan dapat menjadi atraksi menarik bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.
Dalam menggelar even ini Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) yang diikuti lebih dari 100 pusat belanja. Temanya adalah Savor the Captivating Flavor & Big Discounts.
Acara sebulan penuh ini dimaksudkan untuk mengangkat wisata kuliner dan belanja sebagai salah satu produk pariwisata andalan yang dapat mendongkrak kunjungan wisatawan. Apalagi tahun ini ditargetkan 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 265 juta wisatawan nusantara.
Sementara itu, Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, mengatakan, WICSF 2017 diharapkan sebagai even andalan untuk para penghobi masakan dan belanja.
"Di event ini para pengunjung bisa menikmati aneka ragam kuliner khas sekaligus berbelanja dengan berbagai diskon menarik," kata Esthy.
Senada, Vita Datau Messakh, Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar, menyebutkan, pada even WICSF 2017 itu wisatawan dapat menikmati otentisitas dari kuliner khas nusantara sekaligus berbelanja produk lokal seperti batik, tenun, kerajinan termasuk produk fashion Indonesia.
WICSF 2017 di 18 kota di 12 provinsi di Indonesia digelar di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Pekanbaru, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat. (*/idi)
Advertisement