Scott Addict Gravel Custom Dangerholm Project
Sepeda produksi masal, Scott Addict Gravel jadi lebih istimewa di tangan Gustav Gullholm, custom builder sepeda dengan bendera Dangerholm Project.
Menurutnya Addict Gravel ini sudah ringan dan integrated. Jadi modifikasi hanya sebatas penampilan dan menaikkan performa. Paling utama adalah proses diet. Gustav langsung menelanjangi seluruh cat yang melapisi frame Scott Addict Gravel ini.
Gustav mengecat sendiri frame sepeda ini. menggunakan warna Zanzibar coklat metalik yang biasa diaplikasikan ke mobil Volvo atau Range Rover. Untuk wheelset juga dicat. “Menambah bobot 18-20 gram per rim. Tidak masalah untuk kecantikan seperti ini,” bilang Gustav.
Banyak hal-hal kecil yang keren dan langka dipasang di Addict Gravel ini. Ada pedal yang berbahan titanium MyTi Ultra Clipless mountain bike pedal yang dibikin secara 3D printing.
Pedal itu hanya berbobot 101 gram sepasang. Dan sepasang cleatnya hanya berbobot 40 gram. Selain pedal yang unik dan langka itu, ada juga kaliper rem yang juga terbuat dari titanium. Dinamakan Trickstuff Strada flat mount.
Kaliper aftermarket ini bisa digunakan bersama grupset Shimano maupun SRAM. Untuk rear derailleur (RD), Gustac menggunakan milik Sram XX1 Eagle mechanical.
Tetapi dia memberikan sentuhan custom. Dipasangi CeramicSpeed OSPW dan mengganti beberapa bagian bodi RD dengan bahan yang lebih ringan dari Hopp carbon. Sehingga tidak banyak yang tersisa dari orisinil SRAM selain P-link dan koplingnya.
Gustav meramu sendiri komponen drive trainnya. Bagian shifter kiri dipasangi Sram Force 1x dikawinkan dengan tuas shifter sebelah kanan dari SRAM Red.
Sekaligus mengubah dari 11 speed menjadi 12 speed yang dilakukan oleh Ratio Conversion. Sehingga Gustav memperoleh paduan crank 1x12 speed dengan kombinasi sproket 46 x 10-46T produk Rotor 12 speed dengan rantai SRAM XO1 Eagle.
Untuk crank, dipasang chainring produk Garbaruk dengan SRAM Red DUB carbon crankset.
Karena ini adalah sepeda gravel yang biasa digunakan untuk adventure. Gustav menambahkan beberapa lubang baut di sekujur tubuh frame ini. Termasuk juga di seatpost Syncros Duncan SL Aero yang dipasangi dua lubang baut.
Untuk kokpit, handlebar dan stem masih mengunakan bawaannya yakni Syncros Integrated IC SL Gravel bar. Untuk sadel, sekali lagi, mengejar ringan, Gustav meminang Schmolke SL79 carbon saddle.
Wheelset dipasang custom bikinan Jerman, Radsporttechnik Mueller MGRX 45 mm. wheelset ini hanya berbobot 404 gram dan 410 gram. Untuk hub, Gustav meminang Tune yang carbon reinforced diisi ceramic bearing.
Hasil akhirnya, Scott Addict Gravel modifikasi Gustav ini berbobot 7,13 kg dengan size 56. Dan sudah termasuk pedal. Bobot ini lebih ringan 1 kg dibandingkan dengan Scott yang dimodifikasi oleh Tune seharga 8700 Euro tanpa pedal.