Satu Sepeda Untuk Semua, Ridley Grifn RS
Sekarang jamannya satu sepeda untuk berbagai disiplin. Mau balapan di aspal, mau gowes di gravel semua harus bisa. Nah, Ridley punya andalan baru. Grifn RS.
Bukan tipe baru, tapi hanya pembaharuan dari tipe Grifn yang memang sudah ada. Tapi yang RS ini diklaim lebih ringan dan aerodinamis sekaligus geometrinya lebih balap.
Tentu ruang roda juga lebih besar maksimal bisa untuk ukuran 42 mm. Sejatinya, Grifn RS ini mirip dengan sepeda gravel Ridley, Kanzo Fast. Tetapi Grifn RS ini lebih cocok untuk on road meskipun tidak menghilangkan kemampuannya di medan offroad.
Grifn RS memiliki lebih banyak lubang untuk mounting. Juga bisa dipasangi chainring double maupun single. Selain Grifn RS, Ridley juga meluncurkan E-Grifn yakni ditenagai dinamo. Serta Grifn A yakni versi murahnya berbahan aluminium.
Garpu Grifn RS ini berbeda dengan versi lama. Yang baru ini desainnya lebih aerodinamis. Bagian belakang crown dipotong sehingga memperlancar angin yang lewat. Cara ini terinspirasi dari race bike mereka, Falcn RS. Klaimnya, fork baru ini bisa mengurangi tahanan angin sebesar 5 persen di kecepatan 36 kph.
Produsen frame asal Belgia ini juga mendesain seatpost dengan coakan khas sepeda aero. Menurutnya ini bisa menambah aerodinamika. Grifn RS ini lebih ringan 140 gram dibandingkan versi Grifn.
Untuk geometri, Grifn RS lebih rebah dan tidak agresif agar meningkatkan kenyamanan. Tetapi headtube lebih tegak dan wheelbase lebih pendek daripada tipe Kanzo Fast. Tujuannya membuat handling lebih aktif dan lincah.