Sambangi Banyak Negara, Brand Wonderful Indonesia Makin Mendunia
Sepanjang 2018, brand Wonderful Indonesia sudah menyambangi banyak negara. Bahkan, masih terpasang di sejumlah negara. Seperti Inggris, China, Korea, Belanda, dan di Timur Tengah.
Media yang digunakan untuk promosi pun beragam. Di Belanda, brand Wonderful Indonesia terpasang di digital screen. Pemasangan dilakukan hingga 25 November.
Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya, promosi Wonderful Indonesia di kancah internasional bukanlah hal baru.
“Setelah melaksanakan promosi di awal tahun, kembali Kementerian Pariwisata melaksanakan promosi Wonderful Indonesia. Di Belanda, Wonderful Indonesia membranding 3 Digital Screen. Terletak di Amsterdam, Rotterdam, Eindhoven. Keindahan destinasi pariwisata seperti Komodo-NTT, Penari Legong-Bali, Pantai Atuh-Bali menghiasi digital screen mulai dari 19 – 25 November 2018."
Promosi ini diharapkan mampu mendatangkan wisman asal Belanda. Juga, mampu menarik minat wisatawan mancanegara lainnya.
Sedangkan di China dan Korea, Wonderful Indonesia mejeng di giant LED screen. Periode pemasangannya sekitar 25 hingga 30 November.
“Pasar China merupakan salah satu fokus dengan target terbesar di 2018, yaitu 3 juta wisatawan. Wonderful Indonesia pun menginvasi ke sana. Dan kita memilih Kota Shanghai. Karena, merupakan kota terpadat di China yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 20 juta jiwa. Shanghai juga menjadi Showpiece Booming Economy,” katanya.
Pemasangan dilakukan pada 2 unit LED di Shanghai People sq dan Zhongshan Park yang akan terpasang selama 19 sampai 25 November 2018. Materi pemasangan promosi Wonderful Indonesia berupa video Wonderful Indonesia bertema nature.
Di Korea Selatan, promo dilakukan di Seoul. Promosi dilakukan pada 4 unit LED. Masing-masing berada di Dongdaemon, Gangnam Station City Building, Jongno SC First bank, dan Yengdeungpo. Promo akan terpasang selama 1 sampai 30 November 2018.
“Tahun 2018 ini, Kementerian Pariwisata telah menargetkan sebesar 430.000 wisatawan asal Korea Selatan. Untuk itu, promosi perlu dilakukan untuk mencapai target yang telah ditetapkan,” katanya.
Di Timur Tengah, media yang digunakan lebih beragam. Wonderful Indonesia terpasang di duty free boxes, hangging banner, glass gate sticker, dan lightbox. Pemasangannya dilakukan hingga 22 Desember dan sebagian sampai 30 Desember.
Sementara di Inggris, Wonderful Indonesia bisa dijumpai di open great bus dan black cab taxi. Sebagian promo Wonderful Indonesia dilakukan hingga akhir November dan sebagian lagi awal Desember.
“Tahun ini Wonderful Indonesia kembali unjuk keindahan di kegiatan WTM London. Setidaknya, 2 unit lightbox, 8 unit banner, 30 unit sticker floor, dan 15 unit digital screens yang menampilkan berbagai keindahan destinasi. Seperti Banyuwangi, Bali, Borobudur, Danau Toba, dan Komodo bertebaran diseluruh arena WTM London selama kegiatan berlangsung,” jelasnya.
Promosi Wonderful Indonesia juga dilakukan pada 350 unit black cab taxi, dan 15 unit open great bus yang akan mengelilingi kota London dari 1 sampai 30 November 2018.
Open Great Bus mengelilingi rute strategis seperti London Eye, Westminster Bridge, Westminster Abbay, Buckingham Palace, dan Oxford Circus. Kawasan ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh penduduk lokal maupun turis.
Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya mendukung penuh promosi yang dilakukan.
“Meski Indonesia sudah dikenal di luar negeri, kita tetap harus melakukan promosi. Wisatawan harus diberi informasi apa yang baru dari destinasi di Indonesia,” katanya.(*)