RS PHC Siaga Hadapi Gelombang 3 Covid-19
RS PHC Surabaya melakukan pemisahan gedung dan akses masuk bagi pasien covid-19 dan non covid-19. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19,sekaligus sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada konsumen.
Setiap pengunjung dan pasien yang masuk ke area RS dilakukan skrining kesehatan. Selain itu perlindungan juga dilakukan untuk para nakes yang bertugas, pemberlakuan general cleaning dan disinfeksi secara berkala hingga penggunaan APD Standar serta vaksinasi dosis ketiga Covid-19 yang mencapai 100 persen.
"Kami antisipasi penuh untuk wave 3, seperti tenda-tenda darurat di belakang tidak kami bongkar karena ada jalur pipa oksigen dan lainnya. Jadi, nanti kalau ada kegawatdaruratan lagi kami langsung siaga, tapi kami berharap itu tidak terjadi," kata Dirut RS PHC, Abdul Rofid Fanany, ditemui Rabu, 1 Desember 2021.
Abdul mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan bed khusus untuk pasien Covid-19 sebanyak 170 bed. Persiapan obat-obatan, APD bahkan data base relawan juga sudah dipersiapkan.
"Kalau nanti kegawatdaruratan dan kegentingan terjadi seperti gelombang dua, kami sudah siap. Relawan yang dulu membantu akan kami hubungi lagi untuk bertugas," kata Abdul.
Saat ditanya kapan mulai disiagakan, pihaknya menyampaikan, kesiagaan tersebut selalu dilakukan. Ia mencontohkan, pada bulan Oktober lalu pihaknya juga sempat merawat Anak Buah Kapal (ABK) yang positif Covid-19.
"Kami selalu siaga, seperti bulan Oktober ada 8 ABK yang positif Covid-19 dari KKP, prosedur perawatan Covid-19 kembali langsung kami jalankan," imbuhnya.
Di sisi lain, RS PHC juga mendapatkan kunjungan kerja dari BPKN RI, Rabu, 1 Desember 2021. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meninjau secara langsung penerapan program perlindungan konsumen.
Wakil Ketua BPKN RI, Muhammad Mufti Mubarok mengatakan, kunjungan ini juga bertujuan memberikan apresiasi berupa Raksa Nugraha Indonesia Customer Protection Award (ICPA) Kategori Silver kepada RS PHC Surabaya.
“Selain melihat secara langsung penerapan program-program perlindungan konsumen, rangkaian kerja kali ini kami juga bertujuan memberikan apresiasi berupa Raksa Nugraha Indonesia Customer Protection Award (ICPA) Kategori Silver kepada RS PHC Surabaya," pungkasnya.
Untuk menjamin mutu layanan kesehatan sesuai standar, RS PHC Surabaya telah mendapatkan sertifikat Akreditasi Paripurna dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Penghargaan Pencegahan dan Pengendalian Covid19 di Tempat Kerja dari Kemenaker-RI hingga Lulus Profisiensi Pemantapan Mutu Eksternal Laboratorium PCR dari World Health Organization (WHO).
Advertisement