Riset Guru Besar UB: Faktor Pengalaman Kunci Loyalitas Wisatawan
Guru Besar Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur, Ananda Sabil Hussein menyebutkan bahwa pengalaman menjadi faktor penting yang memengaruhi loyalitas wisatawan untuk berkunjung kembali ke suatu daerah.
Penelitian terkait hal tersebut tertuang dalam judul 'Experiential Relationship Quality Plus (ExRQ+) Model sebagai Strategi Peningkatan Loyalitas Wisatawan menuju Tujuan Wisata Berkelanjutan'.
“Terkait dengan pengalaman ada tiga komponennya yaitu interaksi, physical envidence dan outcome yang didapatkan,” ujarnya pada Minggu 18 Juni 2023.
Jika ketiga komponen ini sudah terpenuhi kata Ananda maka loyalitas pada wisatawan akan terbentuk dan kemungkinan besar mereka akan kembali mengunjungi sebuah destinasi wisata.
"Kebanyakan yang tidak dipahami, yang penting saya sudah menyiapkan (tempat wisatanya) tanpa menjaga bagaimana experience (pengalaman) dari wisatawannya. Seperti soal kebersihan, harga dan lainnya mempengaruhi," katanya.
Pembentukan pengalaman terhadap wisatawan ini dinilai sangat penting untuk menjaga tingkat kunjungan ke sebuah tempat destinasi wisata bisa terjaga dalam jangka panjang.
Pembentukan pengalaman wisatawan ini kata Ananda sangat perlu diperhatikan oleh wisata buatan. Sementara untuk wisata alam, sebagain besar pengalaman terbentuk secara alamiah dari bentangan alamnya.
"Kalau hanya bangku-bangku saja tanpa ada event, atau festival, ya orang tidak akan datang lagi, karena hal itu akan membuat pengalaman baru maka orang akan datang lagi. Berbeda dengan wisata alam itu pengalamannya terbentuk secara alamiah," ujarnya.