Restoran Piza Ini Pakai Aplikasi Pelayan Virtual
Sebuah restoran piza di timur laut Mediterania Spanyol, menggunakan aplikasi pelayan virtual untuk meminimalisir kontak dengan konsumen. Pelanggan bisa memesan menu menggunakan aplikasi ketika berada di resoran Funky Pizza, di Palafrugell, Costa Brava.
Di restoran tersebut, pelanggan bisa memilih menu, memesan, serta membayar lewat aplikasi Funky Pay, dari telepon masing-masing. Aplikasi ini menjadi yang pertama digunakan di restoran di Spanyol.
Meski tak bertemu pelayan saat memesan dan membayar, namun menu makanan tetap diantarkan pelayan tiga dimensi alias manusia. Nantinya, menu pesanan pelanggan akan dirapikan oleh pekerja restoran, lewat monitor di balik bar.
"Lewat sistem ini kami mencoba menjaga jarak fisik dengan konsumen, hal yang dicari selama pandemi Covid-19," kata pemilik restoran, Carlos Munich.
Selain menggunakan aplikasi, restoran juga menerapkan pembatasan jarak dengan memberikan pelayanan di meja saja, meminta pelanggan menggunakan masker kapanpun ketika berada di luar meja mereka.
"Aplikasi ini sangat ramah dan mudah digunakan, dan kita bisa melacak pesanan dan tahu apakah pesanan sedang berada di dapur, atau kapan akan tiba," kata Claudia Medina, seorang pembeli yang berada di restoran tersebut.
Namun pelanggan lain memiliki sikap yang berbeda. "Saya rasa kami kehilangan ikatan kedekatan dengan pelayan, misalnya ketika kita memesan, kita tidak bisa bertanya tentang preferensi tertentu, atau kuantitasnya," kata Javiar Comas, pelanggan lain. (Rtr)