Respons Cepat Layanan 112 Diapresiasi Warga Kota Pasuruan
Call centre 112 yang baru beberapa minggu diluncurkan oleh Dinas Kominfo Kota Pasuruan, mendapatkan pujian dari beberapa warga yang telah melaporkan beberapa peristiwa pada nomer telpon darurat tersebut.
Warga yang melapor memberikan apresiasi atas respons cepat setelah menelepon 112. Umar, salah satu warga Kelurahan Petahunan yang melaporkan jalan berlubang di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo, mengapresiasi respons cepat setelah telepon call center 112.
"Tahunya dari pegawai kelurahan kalau sekarang bisa lapor ke nomor 112. Alhamdulillah, saya melaporkan kondisi jalan rusak dan ditanggapi," ujar Umar, Selasa 15 Februari 2022.
Menurut Umar, kondisi jalan berlubang di Jalan Urip Sumoharjo terbentang sejak masuk Kebonagung hingga Krapyakrejo. Kondisi aspal yang banyak lubang besar dan bergelombang sering menimbulkan kecelakaan.
"Kami resah karena hampir setiap jam ada pengendara motor jatuh. Apalagi kalau tertutup genangan hujan," lanjutnya.
Laporan warga lainnya pada call center 112 seperti adanya bongkahan pohon bambu (barongan) yang terbawa arus sungai, pada Selasa 14 Februari 2022 juga langsung ditangani oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan.
"Call center 112 bisa dihubungi tanpa biaya. Laporan peristiwa seperti pencurian, banjir, orang hanyut, pohon tumbang, bisa masyarakat sampaikan di nomor tersebut," ujar Kepala Dinas Kominfo Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat.
Kokoh melanjutkan, layanan call center 112 sudah terintegrasi dengan instansi lain seperti PLN, PDAM, dan kepolisian.