PT KAI Daop 9 Jember Terapkan Pedoman Pelayanan Era New Normal
Menghadapi era new normal, PT KAI menyiapkan pedoman pelayanan pada angkutan penumpang dan barang. Hal ini sebagai bentuk adaptasi pelayanan perkeretaapian untuk mengurangi kontak fisik dengan menerapkan protokol kesehatan.
Pedoman New Normal ini mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No HK.01.07/Menkes/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.
"Pedoman tersebut akan diaplikasikan ketika kereta api jarak jauh reguler kembali beroperasi," kata Vice President PT KAI Daop 9 Jember, Agus Barkah, Selasa, 2 Juni 2020.
Pada pedoman New Normal ini, menurut Agus, pemesanan tiket hanya dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access, Web KAI, dan mitra penjualan tiket resmi KAI lainnya. Sedangkan loket hanya difungsikan untuk pembelian go show.
"Akan ada beberapa proses yang harus ditaati oleh penumpang ketika berada di lingkungan stasiun dan kereta," katanya.
Aturan yang harus ditaati itu diantaranya penggunaan masker, suhu tubuh harus kurang dari 37,3 derajat Celcius, pada saat boarding scan tiket dilakukan secara mandiri dan selama perjalanan harus mengenakan face shield yang telah disediakan.
“Langkah ini untuk meminimalisasi kontak fisik antarpenumpang dan petugas,” ujar Agus.
Untuk memastikan kesehatan penumpang, petugas akan mengukur suhu badan penumpang di atas kereta tiap 3 jam sekali. Jika ada penumpang yang kedapatan bersuhu badan 37,3 derajat Celsius atau lebih dan mengalami gejala Covid-19, maka akan dipindah ke ruang isolasi yang ada di kereta.
"Jika memerlukan penanganan segera, kami akan menghubungi dokter atau petugas kesehatan di stasiun terdekat yang memiliki fasilitas pos kesehatan," katanya.
Pada era New Normal, petugas frontliner KAI yang berpotensi kontak jarak dekat dengan penumpang dibekali dengan APD berupa masker, sarung tangan, dan face shield. Petugas tersebut antara lain petugas loket, customer service, petugas boarding, kondektur, polsuska, pramugari kereta, dan petugas kebersihan di atas kereta.
"Kami mengimbau kepada para penumpang untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, melakukan cuci tangan, membawa hand sanitizer pribadi, menjaga kesehatan, melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, serta tidak ragu melapor kepada petugas jika tiba-tiba merasa tidak sehat," katanya.
Pada angkutan barang, KAI juga akan menerapkan pedoman New Normal. Seperti physical distancing di loket pelayanan barang, penyediaan wastafel portabel dan hand sanitizer, menjaga kebersihan fasilitas angkutan barang, memeriksa barang-barang yang akan diangkut secara mendetail, serta mewaspadai setiap kiriman hewan dan atau kiriman lain yang berpotensi membahayakan kesehatan.
“Melalui pedoman ini, kami mempersiapkan seluruh aspek operasional bisnis perusahaan dalam menghadapi New Normal nantinya,” katanya.
Advertisement