Promosi 10 Destinasi MICE di Sumut, Potensi Hasilkan Rp3,75 M
Kemenpar terus menggenjot destinasi MICE guna meningkatkan sektor pariwisata. Berbasis MICE diharapkan sektor pariwisata akan lebih pesat perkembangannya.
Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan menggelar Promosi 10 Destinasi MICE (meeting, incentive, Convention, Exhibision) di Sumatera Utara yang berlangsung di Grand Mercure, Medan, 19 - 22 September 2018.
Tak kurang dari 50 buyers dan 35 Seller ikut terlibat dalam kegiatan yang didukung Kemenpar ini.
Menurut Kadisbudpar Sumut Hidayati, pihaknya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Kemenpar karena Medan telah ditetapkan sebagai salah satu kota dari 10 destinasi MICE yang tengah digenjot Kemenpar.
Menurut Hidayati penetapan Medan sebagai kota destinasi MICE akan memberi semangat bagi pelaku industri pariwisata di Medan
"Mereka akan terpacu dan berusaha maksimal dalam mewujudkan bisnis plan mereka, Tentu akan semakin meningkatkan pariwisata di Medan dan Sumatera Utara," ujar Hidayati.
Sementara itu secara terpisah, Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh, mengatakan sasaran dari MICE adalah Corporate. Jadi Corporate Market adalah pasar yang menjanjikan karena dalam krisis sekalipun, mereka akan tetap membutuhkan venue untuk melakukan pertemuan.
"Umumnya wisata MICE lebih terorganisir dengan dana yang cukup besar. Kegiatan MICE khususnya corporate meeting dan incentive travels merupakan salah satu sektor utama yang menjadi perhatian Kementrian Pariwisata," ujar Masruroh.
Ditambahkannya, dengan pengelolaan yang lebih baik untuk memfasilitasi networking antara seller dengan para corporate buyers, maka akan meningkatkan jumlah kegiatan MICE yang dilakukan perusahaan.
Promosi 10 Destinasi MICE di Sumatera Utara ini sendiri bakal menjadi ajang transaksi bisnis yang menguntungkan bagi buyers dan seller. (*)