Polemik Jersey Timnas Indonesia, Desain Baru Launching Agustus
Erspo selaku produsen jersey Timnas Indonesia mendapat kritik tajam dari para pecinta sepakbola Tanah Air, saat launching 18 Maret 2024 tayang live di kanal YouTube Taulany TV. Mulai dari desain, bahan hingga harga yang dinilai terlalu tinggi menjadi sorotan.
Namun, polemik jersey Timnas Indonesia ini memang mencuri perhatian publik seusai mantan pelatih timnas futsal Indonesia, Justinus Lhaksana mengkritik jersey design Ernanda Putra dari MAKNA Creative.
Buntut polemik itu muncul tanda pagar (tagar) #boikoterspo. Merespons hal itu, Erspo akan mengganti desain jersey Timnas Indonesia lantaran beragam masukan dan kritik sebagai latar belakang perubahan. Demikian dikutip dari akun resmi Instagram @erspo.official.
"BRAND STATEMENT. Menanggapi isu yang beredar, kami segenap Tim Erspo dengan kerendahan hati memohon maaf dan berupaya untuk terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik," tulis Erspo.
"Maka dari itu, kami sangat terbuka dan siap berjabat tangan melalui kritik dan saran dari seluruh insan sepak bola Indonesia," tulis Erspo dalam rilisnya.
Erspo juga berterima kasih atas seluruh saran dari semua suporter dan pengamat sepak bola.
"Erspo berterima kasih dan mengapresiasi seluruh masukan, kritik dan saran dari semua suporter, pengamat sepak bola, dan seluruh elemen sepak bola Indonesia. Menanggapi isu yang beredar, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan serta kegaduhan yang dirasakan seluruh insan sepak bola Indonesia," tulis Erspo.
"Kami menyadari masih banyak kekurangan dan kami akan berupaya sebaik mungkin untuk melakukan perbaikan sebagai mitra PSSI," tulis Erspo.
"Setiap individu yang ada di balik Erspo memiliki satu tujuan yang sama yaitu memberikan yang terbaik untuk sepak bola dan Tim Nasional Indonesia," tulis Erspo.
Namun, Erspo tidak menyebut apa saja yang akan dirombak terkait pergantian desain. Seperti diketahui, jersey yang dikritik telah dikenakan Timnas Indonesia dalam laga melawan Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 dan 26 Maret lalu.
Kontrak Makna Creative Berakhir
Erspo juga menjelaskan jika kerja sama dengan Makna Creative hanya sebatas pada jersey tanding Timnas Indonesia.
"Perlu kami informasikan, apabila kerjasama antara Erspo dengan Makna Creative hanya sebatas pada jersey tanding, desain logo, desain badge Garuda, desain name set, dan desain pola motif. Maka kami dapat sampaikan bahwa kerja sama tersebut saat ini sudah berakhir dan semua bentuk kewajiban telah kami tunaikan," tulis Erspo.
"Erspo terus berupaya dan berusaha, untuk terus memperbaiki, memberikan kualitas terbaik bagi Tim Nasional Indonesia dan semua pihak yang mendukung. Kami akan terus menerima, membuka diri untuk berbagai masukan, kritik, saran, dan semua hal yang akan membawa kebaikan sebagai bagian dari kami untuk membawa kualitas terbaik bagi Indonesia. Salam Erspo," tutupnya.