PInarello Nytro, e-Bike Untuk Road dan Gravel
PInarello mengupgrade sepeda elektriknya, Nytro. Kali ini menggunakan motor dari TQ HPR50. Nytro dirilis dalam bentuk electric road bike dan electric gravel bike.
Ada juga versi electric hybrid bike yang disebutnya sebagai all-road bike. Nytro road bike memiliki geometri frame yang berbeda dengan Nytro Gravel. Sedangkan Allroad sama dengan versi gravel.
Motor elektrik TQ HPR50 ini diklaim sebagai motor paling senyap dan paling kompak yang ada di pasaran. Tidak hanya Pinarello, merek-merek lain seperti Trek, Scott, BMC, dan Simplon juga menggunakan motor ini untuk sepeda elektrik mereka.
HPR50 bisa memproduksi torsi hingga 50 Nm dan power 300 watt. PInarello mengklaim bahwa Nytro E9 tipe road bike adalah sepeda elektrik paling ringan di kelasnya. berbobot 11,4 kg untuk ukuran 53.
PInarello Nytro dan Nytro Gravel menggunakan karbon jenis Toray T900. Sedangkan versi low endnya, tipe E5 menggunakan karbon tipe T700. Lebih berat tetapi lebih nyaman.
Untuk bobot frame, Nytro road bike hanya 1,130 gram. Dipadukan dengan fork berbobot 440 gram. Sedangkan versi gravel berbobot 1,250 gram. Dipadukan dengan fork berbobot 460 gram.
Sesuai dengan budaya PInarello. Nytro road dan gravel dibuat dengan desain asymmetric. Jadi kiri dan kanan berbeda. Karena sisi kanan mendapatkan perlakuan berbeda lebih karena ada grupset dan pedalling lebih kuat tekanan yang sisi kanan.
Untuk seatstay dibuat berbeda. Versi road meniru desain dari seri Dogma F. Sedangkan versi gravel meniru desain dari X-series endurance bike.
Sesuai dengan jaman now, Nytro road bisa menggunakan ban ukuran 32 mm. Dan Nytro Gravel maksimal menggunakan ban ukuran 50 mm.
Juga frame-frame ini semua menggunakan internal cable. Termasuk di handlebar stem. Sistem ini dinamakan Total Internal Cable Routing (TiCr) yang biasa dipasang di tipe Dogma, F-Sereies, dan X-series.
Untuk grupset, Nytro bisa menggunakan Shimano, SRAM, maupun Campagnolo. Pengontrol motor elektriknya ada di top tube dan versi gravel banyak memiliki lubang untuk dudukan spatbor dan rak sepeda.
Untuk seatpost, Nytro road menggunakan milik F-series. Sedangkan Nytro gravel menggunakan seatpost bulat 31,6 mm.
Untuk fork, PInarello masih mengadopsi Onda fork yang diyakini bisa menyerap vibrasi dan meningkatkan handling.