Philipsen Juara Tour de France Etape 13, “Jersey Hijau” Jadi Ramai
Kala perseteruan di klasemen general classification “adem ayem”, klasemen point classification memanas. Pembalap Afrika, Biniam Girmay yang memimpin klasemen ini mendapatkan ancaman dari Jasper Philipsen.
Pembalap asal Belgia ini menang lagi di Tour de France etape 13, Jumat, 12 Juli. Pembalap Alpecin-Deceuninck ini berhasil mengalahkan Wout van Aert. Dan Pascal Ackermann. Keduanya berada di podium kedua dan ketiga.
Saat peloton hampir mencapai finis, terjadilah kecelakaan yang melibatkan beberapa pembalap. Di antaranya Cees Bol (Astana Qazaqstan Team) dan Amaury Capiot (Arkea B&B Hotels).
Beruntung, Philipsen tidak terlibat dalam kecelakaan itu dan terbentuk satu peloton berisi 15 pembalap. Christophe Laporte berusaha menjadi lead out man untuk Wout van Aert.
Ketika Laporte mulai memberi ruang Van Aert untuk maju di 200 meter sebelum finis, Philipsen juga melakukan serangan. Dan berhasil mencapai garis finis di Pau.
"Saya tancap gas dari awal dan tak pernah mengurangi kecepatan. Saya percaya karena saya merasa hal yang baik, lebih baik dari sebelumnya. Van Aert sangat terbantu dengan manuver Laporte. Saya harus menyerang lebih awal dan akhirnya saya bisa melewatinya," kata Philipsen.
Hasilnya, Girmay masih tetap memimpin klasemen point classification dan berhak atas jersey hijau. Tetapi Philipsen yang berada di peringkat kedua sudah merangsek mendekat ke Girmay. Setelah finis etape 13 ini, jarak keduanya adalah 85 point.
Setelah balapan sejauh 163 km ini usai, klasemen general classification tidak berubah. Tadej Pogacar masih berada di puncak. Diikuti oleh Remco Evenepoel dan Jonas Vingegaard.
Hasil juara Tour de France etape 13 (top ten)
1 | 3:23:09 | ||
2 | ,, | ||
3 | ,, | ||
4 | ,, | ||
5 | ,, | ||
6 | ,, | ||
7 | ,, | ||
8 | ,, | ||
9 | ,, | ||
10 | ,, |
Klasemen general classification setelah 13 dari 21 etape (top ten)
1 | 52:40:58 | ||
2 | 1:06 | ||
3 | 1:14 | ||
4 | 4:20 | ||
5 | 4:40 | ||
6 | 5:38 | ||
7 | 6:59 | ||
8 | 7:36 | ||
9 | 7:54 | ||
10 | 8:56 |