PGN Raih Tiga Penghargaan Pada CECT Sustainability Awards 2019
CSR PT Perusahaan Gas Negara (PGN), Tbk mendapatkan penghargaan dari CECT Sustainability Awards 2019. Penghargaan diterima oleh perwakilan PT PGN, Erick Taufan, pada malam penganugerahan dan gala dinner yang digelar di Grand Ballroom Ayana Midplaza Hotel, Jakarta, Kamis 07 November 2019.
CECT (Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector) Trisakti University merupakan pusat studi dibawah Universitas Trisakti, serta berfungsi sebagai konsultan CSR di Jakarta.
CECT CSR Awards bertujuan untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang memiliki kinerja CSR yang baik berdasarkan ISO 26000, yakni standar panduan pengelolaan CSR (Corporate Social Responsibility). Penilaian dalam award ini merupakan hasil murni dari penelitian riset CECT Universitas Trisakti, menggunakan metode penelitian dengan standar internasional yang kredibel menggunakan tools ISO 26000 dan dianalisa berdasarkan data dari informasi publik yang tersedia, seperti: Laporan Tahunan Perusahaan, Laporan Keberlanjutan Perusahaan dan informasi yang tersedia di publik.
“Acara ini juga dihadiri oleh dan diikuti oleh sejumlah perusahaan BUMN, swasta, dan NGO. Serta menjadi ajang untuk saling menggali informasi program-program CSR terbaik dari masing-masing perusahaan yang bisa dipublikasikan dan tepat sasaran untuk PGN,” ujar Erick Taufan.
Penghargaan yang didapatkan oleh PGN dalam awards ini, yaitu:
Based on ISO 26000 (CSR Guidance): Organizational Governance
Based on Overall Sustainability Performance: Infrastructure, Utilities & Transportation
Projcet-Based CSR & Business Sustainability: Strategic Sustainability
Program-program yang ditampilkan oleh PGN dalam ajang ini merupakan program-program yang bersifat keberlanjutan dimana dalam penerapannya sesuai dengan 7 Core Subject of ISO 26000 dan poin-poin pada SGD’s. PGN berkomitmen untuk membawa dampak positif yang nyata bagi masyarakat, dan tujuan ini diwujudkan dalam kebijakan serta program yang terintegrasi.
Sebagai badan usaha yang ikut berperan aktif dalam menyukseskan program pemerintah, PGN berkewajiban untuk mendukung program pemerintah sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian alam sesuai tujuan SDG’s. Oleh karena itu, PGN memfokuskan dana untuk mendukung pelaksanaan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), khususnya sarana kesehatan, sarana ibadah, dan pendidikan.
Dalam upaya pencapaian tujuan pembangunan dalam SDG’s, PGN tetap berkomitmen penuh untuk mendukung realisasi berbagai kegiatan PKBL dengan menyediakan dana yang memadai sesuai ketentuan yang berlaku. PGN juga berupaya meningkatkan kualitas pengelolaan dan penyalurannya, sehingga seluruh kegiatan yang dijalankan dapat berjalan efektif, efisien, serta memberikan manfaat optimal bagi para penerima bantuan.
Tidak lupa, PGN juga berupaya melibatkan berbagai pihak, yakni masyarakat, pemuka masyarakat, unsur pemerintah daerah, akademisi dan lembaga swadaya masyarakat dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai kegiatan agar program sesuai dengan kebutuhan para penerima manfaat. PGN juga akan terus berupaya memperbaiki pengelolaan dan penyaluran dana program PKBL, agar lebih banyak lagi masyarakat yang menerima manfaatnya, serta tujuan pembangunan, yakni adanya peningkatan dan pemerataan kesejahteraan pembangunan dapat segera terwujud.
Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama, menyambut dengan antusias atas pencapaian ini.
“Bersyukur dan bangga. Terlebih lagi, berdasarkan ISO 26000, CSR harus bisa melaksanakan progra-program yang berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan komitmen PGN untuk memakmurkan negeri dalam penyediaan energi ramah lingkungan, peningkatan ekonomi secara berkelanjutan, serta keterlibatan PGN secara langsung dalam upaya kesejahteraan masyarakat melalui program-program CSR dan pelestarian lingkungan,” ujar Rachmat di Jakarta, Jum’at 08 November 19.
Seluruh departeman perusahaan juga bergotong royong untuk bisa menyelesaikan persoalan di masyarakat Indonesia. Artinya, selain menyalurkan energi baik, PGN juga memiliki bertanggung jawab sosial kepada masyarakat.
Dalam kesempatan memakmurkan negeri PGN memberikan bantuan bencana alam, pengembangan sarana dan prasarana umum, pelestarian alam, pengentasan kemiskinan, dan pembinaan mitra binaan.
PGN bermimpi membangun desa-desa di sekitar wilayah operasi menjadi desa yang maju dan mandiri, sehingga mampu menunjang pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
Implementasinya, melalui Program Desa Binaan terdapat di 5 offtake station (stasiun gas PGN) yang merupakan objek vital nasional. Stasiun gas ini memiliki perana strategis dalam menjaga stabilitas pasokan energi di Indonesia, sehingga PGN wajib menjaga keharmonisan dengan masyarakat setempat. Peran serta aktif dari PGN ini diharapkan mampu mewujudkan kehandalan operasional perusahaan sekaligus masyarakat sekitar offtake station yang mandiri dan berdaya saing.
Dengan mendapatkan penghargaan ini, dapat memacu PGN dalam berinovasi dan lebih mengembangkan program-program CSR. Selain itu, juga dapat memberikan nilai positif bagi eksistensi PGN khususnya di bidang CSR.
“Diraihnya penghargaan ini juga membuktikan bahwa program-program CSR PGN terlaksana dengan baik. Operasional PGN berjalan aman dan ramah lingkungan, serta adanya ketaatan yang baik terhadap regulasi pemerintah,” tandas Rachmat.