PGN Optimis Target Penambahan Pelanggan di Palembang Tercapai
Meski dalam situasi darurat pandemi COVID-19, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tetap optimis dapat mengejar target penambahan pelanggan, khususnya di Kota Palembang.
Sales Area Head PGN Palembang, Agus Muhammad Mirza, mengatakan target penambahan untuk sektor komersial sepanjang tahun 2020 yakni 55 perusahaan kecil dan 12 pelanggan dari industri komersial.
"Saat ini perseroan telah mengelola gas sebanyak 8 billion british thermal unit per day (BBTUD) di Area Palembang," katanya, Sabtu 9 Mei 2020.
Agus bilang, selain memasok gas untuk dunia usaha di Sumsel, pihaknya pun turut melayani pelanggan rumah tangga. Hingga kini, gas yang dikelola PGN telah mengalir untuk 12.000 pelanggan rumah tangga (RT). Sementara untuk pelanggan komersial mencapai 90 pelanggan.
“Jaringan rumah tangga tersebut tersebar di Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin,” katanya.
Selain itu, kata dia, perseroan pun secara nasional tetap melanjutkan pengembangan infrastruktur untuk jaringan gas yang ditugasi Kementerian ESDM di tengah keadaan darurat COVID-19.
Adapun tahun 2020 akan dilakukan pengembangan jaringan dengan APBN sebanyak sekitar 266.000 sambungan di 49 kabupaten/kota. Selain itu adapula program jargas mandiri yang bersumber dari dana PGN sebanyak 500.000 sambungan pada tahun 2020-2021.
Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama, mengatakan pembangunan jargas rumah tangga pemerintah tetap berjalan dengan standar ketat dan sesuai target.
“Progress pembangunan jargas APBN pada April telah mencapai 39 persen. Kementerian ESDM menugaskan PGN menyelesaikan pembangunan 266.000 jargas rumah tangga pada tahun ini,” katanya dalam keterangan tertulis.
Menurutnya, program jargas pemerintah menjadi concern PGN, karena merupakan salah satu proyek strategis nasional dalam rangka bauran energi nasional. Sebab, melalui jargas masyarakat dapat menikmati manfaat gas bumi secara langsung.