Perubahan PeduliLindungi, KAI Imbau Pelanggan Bawa Bukti Vaksin
Per 1 Maret 2023 aplikasi PeduliLindungi berubah menjadi SatuSehat Mobile. Berkaitan dengan perubahan ini PT KAI mengimbau para pelanggan untuk menunjukkan dokumen vaksin saat melakukan boarding.
“Dokumen vaksin tersebut dapat berupa soft copy yang ditunjukkan di handphone ataupun dokumen fisik,” kata Pelaksana Tugas Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Azhar Zaki Assjari, Rabu, 1 Maret 2023.
Pelanggan kereta api, menurutnya, untuk sementara waktu diimbau membawa dokumen vaksin. Ini sebagai antisipasi jika validasi status vaksin pelanggan saat boarding mengalami gangguan dalam menampilkan status vaksin. “Hal ini terkait adanya proses migrasi aplikasi PeduliLindungi ke SatuSehat Mobile,” jelasnya.
Dijelaskannya, KAI terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan sebagai pihak yang mengelola aplikasi SatuSehat Mobile. Jika proses migrasi telah sepenuhnya selesai dan integrasi dengan sistem boarding sudah normal seperti semula, pihaknya segera menginformasikannya.
“Adapun syarat naik kereta api masih mengacu pada SE Kementerian Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022,” katanya.
KAI, lanjutnya, telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding untuk membantu proses validasi dokumen kesehatan calon pelanggan sejak 23 Juli 2021. Melalui integrasi tersebut, data vaksinasi pelanggan muncul pada layar komputer petugas pada saat proses boarding.
“Terintegrasinya aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI bertujuan untuk mempermudah pelanggan, memperlancar proses pemeriksaan dokumen, juga untuk menghindari pemalsuan dokumen,” ungkapnya.