Penyegaran Pinarello Dogma F Baru, Tidak Frontal Tapi Fungsional
Baru dua tahun meramaikan industri sepeda, Pinarello Dogma F kembali mendapatkan penyegaran. Tidak frontal tetapi fungsional. Seperti biasa, saat Tour de France adalah saatnya sepeda baru dan komponen baru bermunculan. Dan Dogma F baru ini sudah muncul ‘teaser’-nya di Criterium du Dauphine awal Juni lalu.
Nah, produsen sepeda asal Treviso Italia ini resmi meluncurkan Dogma F baru, Kamis 20 Juni 2024 malam. Tanpa ada perubahan nama.
Paling mencolok adalah bentuk headtube. Dogma F baru ini lebih pipih. Diklaim sisi aerodinamikanya naik 0,2 persen dibandingkan Dogma F lama.
Sudut fork juga berubah lebih rebah membuat wheelbase lebih panjang 4 mm. Dari 43 mm menjadi 47 mm. Alhasil sepeda ini jadi lebih stabil. Selain itu, fork juga dibuat lebih lebar. Sehingga bisa mengakomodasi ban ukuran 32 mm.
Lalu bagian bottom bracket juga kian besar. Artinya sepeda ini memiliki transfer power yang lebih efektif efisien dibandingkan versi lamanya.
Bobot? Dogma F baru ini lebih ringan total 108 gram. Didapat dari frame yang lebih ringan 60 gram dipadu dengan kokpit baru yang juga lebih ringan.
Bobot frame bisa ringan karena Pinarello mengubah penggunaan karbonnya. Tidak lagi karbon Torayca 1100, tetapi ganti dengan Torayca M40X.
Sayangnya, Dogma F baru ini hanya dibuat versi disc brake. Buat pecinta rim brake, Pinarello masih memproduksi Dogma F lama-nya.