Penumpang Kapal Lintas Ketapang-Gilimanuk Dapat Takjil Gratis
Operator kapal penyeberangan Ketapang-Gilimanuk membagikan takjil gratis bagi penumpang yang menjalankan ibadah puasa. Takjil gratis ini bagian dari peningkatan pelayanan kepada penumpang.
Pembagian takjil gratis ini dilakukan operator kapal KMP Wicitra Dharma III. Takjilnya berupa kurma, snack dan air mineral. Makanan untuk buka puasa ini dibagikan di ruangan dek penumpang. "Alhamdulillah, seneng sekali dapat takjil gratis untuk buka puasa," jelas salah satu penumpang, Iklimah, 50 tahun, Jumat, 15 Maret 2024.
Perempuan ini baru pulang dari Denpasar. Dia hendak pulang ke rumahnya di Desa Badean, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi. Dia mengaku beruntung naik kapal tersebut. Sebab, kapalnya bersih dan pelayanannya juga bagus. "Sangat ramah petugasnya, nyaman sekali pelayanannya memuaskan," ungkapnya.
Hal yang sama disampaikan Istianah. Warga asal Malang ini mengatakan selain dapat takjil gratis dirinya juga kagum dengan pelayanan petugasnya yang ramah dan kondisi kapal yang bersih dan nyaman. "Saat berangkat ke Bali kapalnya tidak sebagus dan senyaman ini," katanya.
Manager Cabang PT. Dharma Lautan Utama (DLU) Banyuwangi, Mastiga Sofyan mengatakan, perusahaannya memiliki banyak sekali standar pelayanan dan keselamatan yang diberikan untuk memanjakan pelanggan. Tujuannya, agar pelanggan merasa lebih nyaman, tenang, dan tidak merasa bosan dalam pelayaran bersama armada kami.
Pada momen Ramadan ini, perusahaannya memberikan layanan tambahan sebagai bentuk perhatian lebih terhadap para pelanggan khususnya yang menjalankan ibadah puasa. "Antara lain pembagian takjil gratis berupa snack, kurma dan air mineral, tematik uniform, dan juga hiasan kapal bernuansa ramadan," katanya.
Takjil gratis ini dibagikan setiap hari selama bulan Ramadan di seluruh kapal milik PT. DLU. Dalam sehari di satu kapal disediakan 50 sampai 100 paket takjil gratis. Di lintas Ketapang-Gilimanuk ada empat kapal milik PT DLU.
"Harapannya kami bisa memberikan layanan lebih terhadap pelanggan, khususnya yang melaksanakan ibadah puasa, di mana mungkin mereka belum siap bekal membatalkan ibadah," katanya.
Dia menyebut, perusahaannya secara rutin melakukan pelatihan-pelatihan pada seluruh pegawai untuk meningkatkan standard keramahan sebagai SOP dalam memberikan layanan terhadap pelanggan.
"Beberapa layanan yang selalu diberikan seperti pemutaran video keselamatan sebagai edukasi, dan layanan-layanan tersebut diberikan mulai dari prakeberangkatan hingga pelanggan sampai di tempat tujuan dengan selamat," ujarnya.