Penjelasan Gekrafs Soal Show di Paris Fashion Week
Paris Fashion Week (PFW) menjadi ajang kebanggaan para artis dan desainer Tanah Air untuk memamerkan karya-karya brand lokal di ajang fashion show kelas dunia. Namun, Wanda Hamidah memberikan kritik para desainer Indonesia diduga memboyong banyak penonton dari Indonesia.
"Gagal paham nih sama desainer Indonesia yang bawa penontonnya sendiri seabrek-abrek dari Indonesia di Paris Fashion Week," tulis Wanda di Instagram Story @wanda_hamidah.
Lalu, viral unggahan pengusaha bernama Lucky Heng lewat Insta Story @mrluckyheng yang merasa brand Indonesia membodohi masyarakat karena mengklaim show di Paris Fashion Week padahal berbeda acara.
Berikut ini jawaban Gekrafs atas tudingan tersebut. Sebagai informasi, Gekrafs merupakan kepanjangan dari Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional. Lembaga ini didirikan untuk menjadi wadah yang membantu pemerintah dalam mengoptimalkan pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.
Salah satu yang dilakukan Gekrafs dalam mendukung pelaku usaha ekonomi kreatif di Indonesia adalah dengan menggandeng sejumlah desainer dan brand lokal untuk memamerkan karya mereka di Paris pada 1-8 Maret 2022.
Penjelasan Gekrafs Soal Desainer RI Klaim Tampil Paris Fashion Week Membodohi Masyarakat
Ketua Bakominfo Gekrafs Ifan Seventeen buka suara di Instagram pribadinya @ifanseventeen, mengawali penjelasannya dengan mengatakan bahwa Paris Fashion Week merupakan acara yang digelar oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM). Gekrafs memang mengajak sejumlah brand lokal ke Paris namun bukan untuk show di Paris Fashion Week.
Di sekitaran event Paris Fashion Week yang dari FHCM (Fédération de la Haute Couture et de la Mode) itu banyak banget event fashion show juga. Dan di tahun ini Gekrafs dan Kemenpar itu mengajak brand-brand yang memang menurut kami kompeten untuk berangkat ke sana. Jadi brand-brand yang non desain bisa berkolaborasi dengan para desainer untuk diberangkatkan ke sana.
Namun memang bukan ke Paris Fashion Week dari FHCM. Thats why kita namain Gekrafs Paris Fashion Show during Paris Fashion Week. Dan itu sudah kita terapkan dan sudah menjadi SOP desainer dan brand-brand yang ikut melalui Gekrafs.
Cuma kalau menurutku ya mungkin yang membuat miss di sini, pada saat brand-brand tersebut menyampaikan kepada para KOL (influencer, artis atau selebgram) yang ikut ke sana. Mungkin hal-hal ini kurang ditekankan. Jadi banyak sekali yang menamai kegiatan mereka dengan Paris Fashion Week.
Apakah itu salah? Jawabannya tidak. Bahkan kalau memang mereka menamai kegiatan mereka di sana dengan sebutan Paris Fashion Week, itu juga sebenarnya nggak papa. Yang penting jangan menyertai logo FHCM tersebut. Dan ini one step forward untuk memperkenalkan industri fashion Indonesia ke industri fashion dunia.
Selain melalui unggahan video, Ifan Seventeen juga memberikan penjelasan melalui beberapa poin tulisan.
1. Gekrafs dari awal sudah clear tidak menggunakan Gekrafs Paris Fashion Week. Tapi Gekrafs Paris Fashion Show 2022. Karena Gekrafs tahu kamu tidak terafiliasi FHCM.
2. Penyebutan nama Paris Fashion Week boleh karena itu pekan fashion di Paris. Yang tidak boleh menggunakan logo FHCM dan menyebutkan kita dalam on schedule FHCM.
3. Yang hadir di sana bukan hanya KOL dari Indonesia yang kami anggap bisa membantu publikasi brand (dan terbukti) tapi juga media Paris - Eropa, KOL Paris dll.
4. Rangkaian acara di Paris sendiri kami juga ada kolaborasi garansi di mana bajunya dihighlight media luar, dipakai oleh influencer Paris, dipakai runway, dll.
5. Gekrafs temporary store hadir 10 hari untuk menjadi pop up B to C dan B to B dan media yang ingin foto produk Indonesia yang ikut ke Paris.
6. Syarat masuk FHCM ini bukan hal mudah diperlukan kurasi yang ekstra karena disyaratkan konsitensi berkarir di Paris minimal dua tahun. Dan FHCM sendiri memprioritaskan brand Paris itu sendiri.
7. Untuk pemilihan brand sendiri, dari Gekrafs memilih delapan brand yang bervariasi karena background produksi yang mumpuni, karakteristik yang tepat untuk pasar Eropa dan Afrika. Karena ada tujuan membuka b to b sehingga background produksi sangat diperlukan untuk mendukung itu.
8. Gekrafs sadar banyak yang memanfaatkan momen ini, tetapi kegiatan di luar dan brief Gekrafs di luar kekuasaan kami.
Advertisement