Pemkot Pasuruan Launching Lentera Makam dan Peti Kemas
Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan terus tingkatkan layanan masyarakat melalui inovasi terbaru. Untuk itu Pemkot Pasuruan melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Pasuruan melaunching program Lentera Makam (Layanan Terintegrasi Administrasi Kependudukan Dengan Pemakaman) dan Peti Kemas (Pelayanan Terintegrasi Akta Kematian dengan RSUD) di Gedung Gradika, Selasa 11 Oktober 2022.
Lentera Makam dan Peti Kemas ini merupakan terobosan layanan untuk percepatan kepemilikan penerbitan akta kematian dan perubahan Kartu Keluarga (KK) bagi penduduk yang meninggal di rumah sakit. Ahli waris hanya perlu menunggu akta kematian yang akan dikirim melalui aplikasi Whatsapp.
Walikota Pasuruan H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengharapkan program ini mampu meningkatkan pelayanan dalam kepemilikan penerbitan akta kematian dan perubahan KK bagi penduduk yang meninggal di Kota Pasuruan.
“Dengan Lentera Makam dan Peti Kemas ini masyarakat dimudahkan dalam pengurusan kepemilikan akta kematian. Saya harap pelayanan terus di tingkatkan fasilitasnya, kecanggihannya dan sosialisasinya agar bermanfaat dalam meningkatkan pelayanan untuk masyarakat,” harapnya.
Gus Ipul juga menyampaikan, kepemilikan akta kematian masih menjadi masalah untuk para ahli waris. Dengan adanya pelayanan ini masyarakat bisa langsung menindaklanjuti untuk mengurus akta kematian.
“Akta kematian ini masih jadi masalah, banyak sekali memang keluarga yang mungkin tidak menindaklanjuti untuk mengurusi akta kematian. Nah, dengan upaya-upaya ini diharapkan masalah-masalah kependudukan ini makin membaik dan masyarakat merasa dilayani lebih baik,” ujar Gus Ipul
Gus Ipul menginstruksikan seluruh perangkat daerah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Menciptakan inovasi baru yang berbeda dengan inovasi yang sebelumnya.
“Mari kita tingkatkan layanan. Bidang dukcapil saya akui sudah membuat banyak inovasi dalam rangka untuk meningkatkan layanan. Saya harap juga di bidang yang lain bisa mengikuti membuat suatu inovasi untuk pelayanan,” jelas Gus Ipul.
Di tempat yang sama Plt. Dispendukcapil Kota Pasuruan Siti Mariyam, S.Sos, MM mengatakan Lentera Makam dilaunching untuk meningkatkan kinerja bagi aparatur negara dalam memberikan pelayanan yang terbaik.
“Tentunya ada semacam pemangkasan birokrasi, tetapi kami tetap berpegang teguh pada regulasi yang ada serta bagaimana kita memuaskan masyarakat, khususnya dalam hal pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil terkait peristiwa kematian penduduk,” kata Maryam.
Maryam menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPJS Kesehatan untuk penduduk yang meninggal di rumah sakit datanya langsung disinkronkan, sehingga data penduduk tersebut bisa langsung di-off-kan dan tidak membebani APBD Kota Pasuruan.
“Saya berterima kasih kepada BPJS kesehatan untuk penduduk yang meninggal di rumah sakit sudah langsung disinkronkan. Melalui informasi Lentera Makam, data penduduk tersebut bisa langsung di-off-kan sehingga tidak menjadi beban APBD,” jelas Maryam.
Selanjutnya Lentera Makan dan Peti Kemas dilaunching langsung secara simbolis oleh Gus Ipul yang juga didampingi oleh Wakil Walikota Pasuruan Adi Wibowo, Sekretaris Daerah Rudianto, Ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki dan plt. Dispendukcapil Siti Maryam.
Advertisement