Peluang Bisnis Persebaya dengan Universitas Muhammadiyah
Kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) mengusung tema “Kampus dan Peluang Bisnis di Era Digital”. Hadir sebagai dosen tamu ialah Presiden Klub Persebaya Surabaya, Azrul Ananda di Auditorium At-Tauhid Tower lantai 13, kampus UMSurabaya, pada Senin 17 Februari 2020.
Tak sekedar jadi dosen tamu, kehadirian putra Dahlan Iskan ini juga untuk melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak kampus dengan manajemen Peserbaya. UMSurabaya bersedia menjadi sponsor selama 1 tahun.
Gebrakan ini sesuai dengan jargon UMSurabaya sebagai Kampus Entrepreneurship, yakni memulai kerjasama dengan tim sepakbola professional kebanggaan arek-arek Suroboyo.
Rektor UMSurabaya Sukadiono menuturkan, kerjasama UMSurabaya dan Persebaya merupakan model marketing baru bagi UMSurabaya, khususnya sebagai sponsor klub sepakbola.
Di luar negeri, Edith Cowan University, Australia bekerjasama dengan klub lokal Joondalup Soccer Club yang merupakan klub Premier League Australia.
“Ini menjadi perkembangan global, bahwa kampus harus adaptif untuk memperkenalkan kualitas kampus di khalayak publik dengan menjadi sponsor klub,” terang Sukadiono.
UMSurabaya akan terus mendukung perkembangan dan antusiasme Persebaya sebagai juara Liga 1 pada musim 2020. “Kolaborasi ini jadi penanda UMSurabaya sebagai pelopor sponsorship Persebaya, sekaligua rumah kedua bonek,” sambung Sukadiono.
Logo UMSurabaya nantinya akan dicetak di jersey terbaru Persebaya. “Nantinya di jersey terbaru Persebaya akan ada logo UMSurabaya. Juga ada feedback kerjasama non komersil lainnya, seperti sportscience dan lainnya,” pungkas Azrul.
Secara simbolis dalam acara yang dihadiri mahasiswa dan dosen UMSurabaya sejumlah 500 orang itu, Azrul mengalungkan syal Persebaya kepada Rektor UMSurabaya beserta jajaran sebagai simbol dimulainya kerjasama Persebaya dan UMSurabaya.