Pelopor Sepeda Aero, Cervelo Soloist akan Kembali!
Belum puas memandang Cervelo S5 baru yang mengalami perubahan di sana sini, Cervelo sudah punya sepeda baru lagi. Dan ini bocor lagi ke media. Melihat penampilannya mirip Caledonia 5. Tetapi ini bukan.
Caledonia 5 baru saja diluncurkan kurang dari dua tahun, jadi kecil kemungkinan ini adalah generasi penerusnya. Jadi saat ditanyakan pada Cervelo ini sepeda apa? Yang mengagetkan Cervelo menjawab bahwa ini adalah sepeda FM151 alias the Soloist. Ya, Soloist kembali!
Siapa pun yang sudah bersepeda sejak pertengahan tahun 2000-an akan mengetahui Soloist. Dan saat ini kita harus berterima kasih kepada Soloist. Karena itu adalah sepeda pertama yang fokus pada aerodinamika. Jadi Soloist adalah cikal bakal sepeda aero yang ada saat ini.
Sayangnya, Soloist menghilang di tahun 2008-an dan digantikan oleh generasi S. mulai S2, S3, dan terakhir sekarang S5. Memang belum ada detail soal Soloist ini. Tetapi dari depan mirip dengan Caledonia 5.
Memang Soloist baru ini menggunakan handle bar stem integrated keluaran FSA sistem ACR. Nampaknya yang digunakan sistem ACR 4. Jadi handle bar terpisah dengan stem. Meski begitu, semua kabelnya masuk ke dalam. Dengan head tube model tapered yang aero dan kelihatan bersih.
Head tube Soloist baru ini lebih tinggi daripada milik Cervelo R5 dan mirip dengan milik Caledonia 5. Sedangkan bila dilihat dari samping, bagian fork Soloist ini mirip dengan Caledonia. Terutama di bagian crown bawah.
Yang mirip dengan Caledonia lagi adalah bagian downtube yang berbentuk airfoil. Sampai di sini kemiripannya berakhir. Bagian top tube, Caledonia agak sloping, beda dengan Soloist yang benar-benar lurus.
Mirip dengan Cervelo S5 baru, ada segitiga di pertemuan antara top tube dengan seat tube. Tujuan segitiga kecil ini adalah untuk memperhalus aliran udara yang melewati frame. Sehingga lebih aerodinamis.
Bagian seat tube juga ada lekukannya untuk mengakomodasi roda belakang. Tetapi gap antara roda belakang dengan lekukan seat tube ini lebih besar dibandingkan dengan Caledonia atau S5.
Dropped seatstay juga diaplikasi di Soloist baru ini. Memang fitur ini sudah menjadi seperti keharusan untuk frame-frame aero.
Pertanyaan terbesarnya adalah, Soloist ini akan dimasukkan ke positioning di mana? Cervelo memiliki begitu banyak jajaran aero bike. Tetapi nampaknya, Soloist akan dimasukkan ke pasar menengah dengan harga yang lebih ekonomis. Sedikit bocoran dari Cervelo, Soloist akan diluncurkan di paruh kedua tahun ini.