PDAM Kota Malang Ciptakan Inovasi Layanan Berbasis Digital
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang menciptakan sebuah inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan di Kota Malang. Terutama di era teknologi digital dan revolusi industri 4.0 saat ini.
Yakni dengan meluncurkan layanan Total Water Utility Integrated Network Command Center atau TCC. Layanan ini merupakan pusat komando untuk pengendalian, kontrol, dan monitoring proses transmisi dan distribusi air.
Sehingga, sistem informasi dalam pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) kini keseluruhan dapat dimonitoring melalui TCC.
Plt Direktur PDAM Kota Malang, Anita Sari mengatakan TCC bermanfaat untuk monitoring proses transisi, distribusi air, berbagai jenis pengaduan, jumlah pemakaian air serta jumlah tagihan pelanggan.
"Jadi semuanya bisa dikontrol dan dilihat menggunakan satu sistem saja," katanya, Selasa 11 Desember 2018.
TCC ini rencananya akan diresmikan pada 13 Desember 2018 mendatang. Layanan ini dilaunching bersamaan dengan rangkaian kegiatan PDAM Digital Transformation Summit 2018.
"Peresmian TCC nanti akan dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Komunikasi dan Informatika," lanjutnya.
Anita menjelaskan layaman TCC ini sebelumnya telah disiapkan sejak 2010 silam. Namun, inovasi berbasis digital ini baru direalisasikan pada tahun ini.
"Dengan adanya TCC, jumlah pegawai PDAM kini busa semakin ditekan dan dinilai lebih efektif. Karena penggunaan sistem berbasis digital, semuanya berjalan lebih mudah dan data yang akurat," ucapnya
"Selain itu semuanya juga lebih transparan, karena semua laporan bisa langsung dibaca," pungkasnya. (umr)